Find Us On Social Media :

Google & ASEAN Foundation Rilis Platform E-Learning Literasi Digital

By Rafki Fachrizal, Kamis, 23 November 2023 | 19:20 WIB

ASEAN Digital Literacy Program (DLP), sebuah kolaborasi antara ASEAN Foundation dan Google.org, lembaga filantropi Google, meluncurkan platform e-learning literasi digital DigitalClassASEAN.org.

Peluncuran platform tersebut sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan literasi digital dan menciptakan ruang digital yang lebih aman di Asia Tenggara.

Platform yang resmi diperkenalkan pada ASEAN Digital Literacy Impact Forum di Bali ini akan membuka akses bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan literasi digital secara gratis.

DigitalClassASEAN.org menawarkan lima modul utama yang mencakup topik-topik penting dan relevan mengenai literasi digital, yaitu digital citizenship, literasi media dan informasi, misinformasi dan disinformasi, dan partisipasi digital yang positif.

Beberapa topik khusus seperti etika bermedia sosial, digital parenting, dan menghindari penipuan online juga dapat turut diakses oleh pengguna.

ASEAN Foundation berkolaborasi dengan Break the Fake Movement, mitra pelaksana lokal ASEAN DLP dan organisasi pemeriksa fakta (fact-checking) di Filipina, untuk pengembangan modul.

Modul dan platform ini tersedia dalam delapan bahasa lokal ASEAN: Bahasa Indonesia, Burma, Khmer, Laos, Melayu, Tagalog, Thailand, dan Vietnam.

Setelah menyelesaikan semua bab, para pembelajar dapat mengunduh sertifikat pencapaian.

Platform ini tidak hanya menyasar kaum muda tetapi juga para pengajar, tokoh masyarakat, pejabat pemerintah, lansia, dan penyandang disabilitas.

Memprioritaskan inklusivitas dan aksesibilitas, DigitalClassASEAN.org menawarkan tools untuk membantu individu penyandang disabilitas dalam perjalanan belajar mereka.

Capaian ASEAN Digital Literacy Programme

Mengusung tema “Navigating Digital Resilience: Empowering ASEAN Communities through Digital Literacy”, ASEAN DLP Impact Forum menyoroti capaian dan dampak implementasi program yang telah berlangsung di sepuluh Negara Anggota ASEAN selama dua tahun. Adapun misi ASEAN DLP dalam memerangi misinformasi dan disinformasi melalui pelatihan literasi digital juga selaras dengan tema Pekan Literasi Media dan Informasi Global UNESCO tahun ini, “Media and Information Literacy in Digital Spaces: A Collective Global Agenda.”

ASEAN DLP berhasil menyelenggarakan 61 sesi Training of Trainers yang melibatkan sekitar 1.451 Master Trainer di Asia Tenggara dan bekerja sama dengan 15 mitra pelaksana lokal.