Find Us On Social Media :

Survei Kaspersky: 90% Orang Berbelanja Online Secara Spontan

By Rafki Fachrizal, Kamis, 30 November 2023 | 15:15 WIB

Ilustrasi Belanja Online

Survei global terbaru bertajuk “The Super Sale Game: who’s the winner? A study on how we shop and pay” yang dilakukan oleh Arlington Research untuk Kaspersky, mengeksplorasi pandangan konsumen dan perilaku belanja online saat acara penjualan besar seperti Black Friday atau Cyber Monday.

Survei terbaru Kaspersky mengungkapkan bahwa 90 persen pembelian terjadi secara spontan selama Black Friday dan Cyber Monday.

Ditemukan juga bahwa media sosial memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap hasil penjualan, karena lebih dari setengah (58%) pengikut berupaya mendapatkan penawaran khusus apapun yang direkomendasikan oleh influencer dan blogger online favorit mereka.

Survei ini juga menemukan bahwa perempuan (22%) merupakan pembelanja super-sales yang lebih berdedikasi dibandingkan laki-laki (17%), dan sebagian besar responden (69%) siap menunggu acara besar untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Black Friday dan Cyber Monday adalah momen penjualan global yang sangat populer. Mereka biasanya melibatkan jutaan orang di seluruh dunia.

Secara khusus, penjualan online Black Friday tumbuh 3,5 persen menjadi US$65,3 miliar secara global pada tahun 2022.

Selain itu, menurut survei Salesforce mengenai rekap penjualan, konsumen menghabiskan sebesar US$1,14 triliun online secara global sepanjang musim liburan.

Mempertimbangkan hal ini, Kaspersky mengeksplorasi perilaku dan kebiasaan pengguna terkait momen besar seperti Black Friday dan Cyber Monday.

Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen tidak dapat menahan banyaknya penawaran khusus selama Black Friday atau Cyber Monday, dan sebagian besar konsumen membeli apa pun meskipun itu diluar perencanaan mereka.

90% responden membeli barang secara spontan selama penjualan tersebut, dan sebanyak 57% melakukannya hampir atau bahkan sepanjang waktu.

Selain itu, blogger, teman, dan kerabat juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian spontan.

Misalnya, 58% responden bersedia membeli suatu produk jika mereka melihatnya di rekomendasi blogger yang diikuti.

Pada saat yang sama, 40% pengguna siap membeli sesuatu yang tidak direncanakan jika mereka menerima rekomendasi dari teman atau anggota keluarga.