Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Pengguna Windows 10 Menggunakan Chatbot AI Copilot?

By Adam Rizal, Kamis, 30 November 2023 | 10:30 WIB

Office Copilot

Saat ini Microsoft memberikan akses kepada pengguna Windows 10 untuk mencoba fitur 'Copilot', varian ChatGPT ala Microsoft, yang sebelumnya hanya tersedia di Windows 11. Microsoft menyatakan Copilot sekarang dapat digunakan di Windows 10, dan versi Pratinjau Rilis OS ini sudah tersedia bagi mereka yang ingin menguji coba Copilot.

Tampilan Copilot di Windows 10 mirip dengan versi Windows 11, muncul di sisi kanan taskbar untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dengan chatbot bertenaga AI guna mendapatkan jawaban atau menghasilkan teks.

Pengguna Windows 10 Home atau Pro yang telah menginstal Pratinjau Rilis sekarang dapat mengakses Copilot. Diperkirakan, dalam beberapa hari atau minggu ke depan, fitur ini akan tersedia untuk seluruh pengguna Windows 10 di pasar.

Microsoft menyatakan sedang mengevaluasi penggunaan Copilot di Windows 10, mengingat perusahaan berencana untuk menghentikan dukungan terhadap sistem operasi tersebut dalam waktu kurang dari dua tahun. Meskipun demikian, Microsoft berkomitmen untuk melakukan investasi tambahan pada Windows 10 dan menyatakan mungkin akan ada lebih banyak fitur AI di masa depan tanpa melakukan pembaruan besar pada Windows 10.

"Windows 10 versi 22H2 merupakan versi terakhir, dan tidak akan mengalami perubahan signifikan," kata Aaron Woodman (Wakil Presiden Pemasaran Windows) seperti dikutip The Verge.

Meskipun dukungan untuk Windows 10 dijadwalkan berakhir pada 14 Oktober 2025, Windows 10 tetap populer di kalangan pengguna. Data internal Microsoft mengungkapkan bahwa setelah dua tahun peluncuran, Windows 11 hanya mencapai 400 juta perangkat, sementara Windows 10 mencapai 600 juta perangkat hanya setahun setelah dirilis dan beberapa bulan setelah ulang tahun keduanya.

Untuk memulai menggunakan Copilot, pengguna cukup mengklik ikon Copilot di taskbar, membuka jendela obrolan, dan mengetik pertanyaan atau permintaan. Copilot akan merespons dengan memberikan informasi atau saran terkait. Pengguna juga dapat berinteraksi dengan Copilot menggunakan perintah suara melalui ikon mikrofon di dalam jendela obrolan.

Microsoft Copilot secara unik akan menggabungkan konteks dan kecerdasan web, data pekerjaan pengguna, dan apa pun yang tengah pengguna lakukan di PC/laptop untuk memberikan bantuan yang lebih baik – dengan tetap mengedepankan privasi serta keamanan pengguna.

Microsoft Copilot akan tersedia secara gratis di Windows 11, Microsoft 365, dan web browser Edge serta Bing; tersedia sebagai aplikasi, atau dapat muncul sendiri ketika dibutuhkan hanya dengan mengklik kanan. Layanan ini akan mulai diluncurkan dalam bentuk awalnya pada rilis Windows 11 berikutnya mulai tanggal 26 September 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Microsoft juga mengumumkan bahwa Microsoft 365 Copilot bakal tersedia secara umum bagi pelanggan enterprise mulai 1 November 2023 bersama dengan peluncuran Microsoft 365 Chat.

Baca Juga: Amazon Luncurkan Fitur AI untuk Layanan Transcribe Call Analytics

Baca Juga: Berkat AI, NVIDIA Jadi Pabrikan Chip Terbesar Kalahkan Intel dan TSMC