Find Us On Social Media :

Next Level AI Conference: Saatnya Perusahaan Indonesia Menggunakan AI

By Wisnu Nugroho, Jumat, 1 Desember 2023 | 07:15 WIB

Next Level AI Conference adalah konferensi yang menggambarkan manfaat teknologi AI bagi bisnis

Teknologi Artificial Intelligence saat ini sebenarnya siap digunakan seluruh organisasi. Referensi implementasi sudah beragam, platform siap pakai pun banyak tersedia. Tinggal bagaimana menemukan use case yang tepat agar pemanfaatan teknologi AI menjadi optimal.

Kesimpulan itulah yang bisa diambil dari acara Next Level AI Conference: Unlocking Business Opportunities and Efficiency with Artificial Intelligence yang berlangsung berlangsung Kamis (24/11) di Semarang. Acara ini sendiri diadakan oleh penyedia solusi digital asal Semarang, PT Internet Mulia Untuk Negeri (Nexa), bekerjasama dengan InfoKomputer dan Kitatama. 

Dukungan Pemerintah untuk Teknologi AI

Pemerintah Indonesia sendiri aktif mendorong perusahaan Indonesia untuk memanfaatkan AI. Hal itu diungkap Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika RI) yang hadir di acara untuk memberikan keynote speech. “Dalam lanskap bisnis yang berkembang pesat, integrasi AI telah menghasilkan efisiensi dan peluang dalam bisnis,” ungkap Nezar. 

Akan tetapi Nezar juga mengingatkan, pemanfaatan AI harus mempertimbangkan tata kelola AI yang tepat. “Saat ini Kementerian Kominfo tengah menyusun Surat Edaran Menteri Kominfo tentang Pedoman Etika Kecerdasan Artifisial yang akan menjadi panduan etika untuk organisasi dan perusahaan yang menggunakan AI,” jelasnya. Nezar juga berharap masukan dari seluruh pemangku kepentingan agar Indonesia memiliki formula pedoman AI yang menjawab kebutuhan masyarakat maupun negara.

Potensi Pemanfaatan AI

Jika dirunut, pemanfaatan AI sebenarnya sudah terjadi di berbagai sektor. Seperti diungkap Pulung Nurtantio Andono (Guru Besar Universitas Dian Nuswantoro), pihaknya telah memanfaatkan AI untuk membantu petani memonitor pertumbuhan tanaman serta nelayan dalam menemukan lokasi ikan. “Ke depan, akan semakin banyak persoalan sehari-hari yang bisa diselesaikan oleh AI,” ungkap Prof. Pulung.

Perusahaan Indonesia juga telah memanfaatkan AI dalam meningkatkan produktivitas maupun mutu layanan. Contohnya yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI yang memanfaatkan AI dalam bentuk virtual assistant. Seperti diungkap Setiaji (Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI), virtual assistant ini hadir dalam bentuk video di akun Whatsapp sang ibu, dan akan membacakan hasil pemeriksaan bayi yang diperiksa di fasilitas kesehatan. “Jadi ibu bisa lebih paham proses tumbuh kembang anak,” tambah Setiaji. 

Contoh implementasi lain adalah di industri media. Rio Anugrah (CTO RCTI+) menyebut pihaknya memanfaatkan AI untuk menyortir konten yang relevan dan sesuai dengan referensi pengguna. “Kami juga menyediakan AI untuk meringkas berita yang kami sajikan di aplikasi RCTI+,” tambah Rio. 

Sedangkan Ditto Anindita (CEO Botika), mendemonstrasikan implementasi AI dalam hal penyiar berita virtual. Wajah dan ekspresi penyiar virtual ini diambil dari penyiar betulan, namun mimik dan gerak bibirnya dikelola menggunakan teknologi AI. Hasilnya adalah penyiar virtual yang bisa membacakan berita sesuai teks yang kita berikan.

Memanfaatkan Platform AI Siap Pakai

Ketika sebuah organisasi ingin mengimplementasikan AI, prosesnya pun tidak perlu dari nol. Saat ini sudah banyak platform AI siap pakai yang bisa dimanfaatkan. Contohnya yang ditawarkan Microsoft melalui Copilot, tools berbasis AI yang diintegrasikan ke software Microsoft seperti Office 365.