Find Us On Social Media :

BRI, Bank OCBC NISP Sabet Red Hat APAC Innovation Awards 2023

By Liana Threestayanti, Kamis, 7 Desember 2023 | 13:42 WIB

BRI dan Bank OCBC NISP berhasil menyabet Red Hat APAC Innovation Awards 2023 berkat pemanfaatan solusi Red Hat untuk mendorong inovasi.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank OCBC NISP berhasil menyabet Red Hat APAC Innovation Awards 2023 berkat pemanfaatan solusi Red Hat untuk mendorong inovasi, menampilkan kecerdasan, dan meningkatkan pengalaman para nasabahnya di lingkungan bisnis yang terus berkembang.

Mengusung tema “Explore what’s next,” Red Hat APAC Innovation Awards tahun ini diberikan kepada 31 organisasi dari 13 negara di kawasan Asia Pasifik. Para pemenang adalah organisasi yang dinilai berhasil memanfaatkan teknologi open source dari Red Hat untuk beradaptasi dalam lanskap yang penuh ketidakpastian seperti saat ini. 

Namun meskipun berada di tengah ketidakpastian yang juga semakin meningkat, inovasi masih tetap menjadi prioritas bagi berbagai perusahaan. Menurut laporan Red Hat 2023 Global Tech Outlook, perusahaan-perusahaan terus menempatkan inovasi sebagai faktor pembeda yang kuat, sehingga memungkinkan mereka mengungguli para pesaing dan meniti jalan yang unik menuju kesuksesan mereka.

Red Hat menilai, para pemenang tidak hanya mendorong dirinya sendiri untuk maju tapi juga  memprioritaskan pengalaman para nasabah atau pelanggan mereka. Selain memanfaatkan solusi-solusi teknologi, Red Hat juga melihat para pemenang memiliki resiliensi yang kuat dan pemikiran strategis sehingga dapat menaklukkan tantangan-tantangan bisnis baru serta berada satu langkah di depan kebutuhan nasabah atau pelanggan yang terus berkembang.

Ada lima kategori penghargaan di ajang Red Hat APAC Innovation Awards tahun ini yang berfokus pada pemanfaatan teknologi-teknologi terkini: Digital Transformation, Hybrid Cloud Infrastructure, Cloud-native Development, Automation, dan Resilience.

Para pemenang dipilih berdasarkan dampak positif yang diberikan dari pemanfaatan solusi Red Hat terhadap target bisnis mereka. Penilaian lain adalah kemampuan organisasi dlam menampilkan peluang open source, mendorong batas-batas proses bisnis, produktivitas, inovasi dan resiliensi.

Inilah daftar pemenang Red Hat APAC Innovation Awards 2023 untuk Indonesia:

1.Kategori: Digital Transformation and Cloud-Native Development

Pemenang: Bank Rakyat Indonesia

Untuk menyediakan layanan keuangan yang cepat, efisien, aman, dan mudah diakses, untuk menggaet kelompok nasabah potensial ini, BRI beralih ke open source dan Red Hat. Teknologi Red Hat dimanfaatkan dalam modernisasi aplikasi enterprise dan mengoptimalkan aplikasi BRImo. 

Memanfaatkan Red Hat OpenShift Container Platform, BRI dapat meningkatkan skalabilitas, kelincahan, dan daya respon BRImo, sehingga kepuasan dan retensi nasabah menjadi lebih tinggi. Proses upgrade ini memberikan hasil berupa pertumbuhan pengguna BRImo sebesar 68% YoY pada 2022.

2.Kategori: Cloud-Native Development and Automation