Find Us On Social Media :

Acer Dorong Perubahan Iklim dengan Visi 'Conscious Technology'

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Desember 2023 | 17:00 WIB

Acer

Acer   Inc.  memperkenalkan   visi “Conscious   Technology”,   untuk   teknologi  yang   dirancang   dan   dibuat   dengan pertimbangan untuk masa depan,melalui ajang Global Press Conference (GPC) 2023 Dubai.   Acer   juga   mengumumkan   berbagai   upayanya   dalam   mengatasi   berbagai masalah   perubahan   iklim   saat   ini,   untuk   menghadirkan   kehidupan   masa   depan yang lebih baik.

Acer pun menampilkan solusi baru penyimpanan energi, konsep teknologi serta produk dalam pameran yang dibuka untuk umum.Acer telah bergabung dengan inisiatif RE100 dan menyatakan komitmennya untuk menggunakan 100% sumber listrik terbarukan pada tahun 2035 mendatang, serta mencapai  zero   net   emission  di   tahun   2050   mendatang.   Sebagai   salah   satu perusahaan   teknologi   terkemuka,   Acer   terus   berupaya   meningkatkan   dampak positif  pada  lingkungan  melalui berbagai upaya  bersama. 

Hal  tersebut  termasuk 60%   mitra   pemasoknya   yang   akan   menggunakan   berbagai   material   ramah lingkungan atau bergabung ke RE 100. Selain itu, Acer juga akan menggunakan 20-30% plastik post-consumer recycled (PCR) di berbagai lini komputer dan monitornya pada tahun 2025, di mana pencapaian sebesar 17% penggunaan plastik PCR telah terwujud pada tahun 2022.

Sejumlah  upaya  yang  sudah dilakukan Acer  dan  akan  dibagikan  pada rangkaian acara   di   Dubai   adalah   tentang  produk   ramah   lingkungan   Vero,   inisiatif  Project Humanity  di mana seluruh   karyawan Acer diajak untuk menerapkan gaya hidup ramah   lingkungan,  serta  platform  Earthion.  

Melalui   Earthion, semua   mitra   dan pemasok   Acer   diajak   untuk   mencari   solusi   terbaik   dalam   mengatasi   perubahan iklim, seperti menggunakan biofuel dalam hal logistik, dan menghadirkan kemasan ramah lingkungan. Jason   Chen,   CEO   &   Chairman   Acer  mengatakan,   “Kita   harus   mempercepat adopsi   energi   terbarukan   untuk   melawan   tantangan   perubahan   iklim   yang disebabkan oleh pemanasan global. Pada tahun 2022, Acer sudah mencapai 44% penggunaan sumber listrik terbarukan.

Untuk mencapai tujuan penggunaan 100% tenaga terbarukan, pemanfaatan tenaga surya dan angin akan menjadi kuncinya. Acer mengambil langkah nyata yang berdampak pada ekonomi sirkular,  maupun menyediakan solusi yang meminimalkan dampak negatif pada lingkungan.

”Sebagai   bagian   dari   komitmen   menuju   perusahaan   yang   menerapkan  zero   net emission,   Acer   memperluas   kehadirannya   dalam   industri   penyimpanan   energi, menawarkan solusi di seluruh rantai pasokan, mulai dari penggunaan rumah tangga hingga industri, manufaktur hingga aplikasi, dan solusi yang berkontribusi terhadap transisi   energi," ujarnya.

Melalui   investasinya   pada   teknologi   sel   baterai,   Acer   juga memperkenalkan   solusi   penyimpanan   energi   baru   yang   memperluas   portofolio perusahaan. Pameran   dengan   tema   “Conscious   Technology   for   a   Brighter   Tomorrow”, menunjukkan upaya berkelanjutan perusahaan dan teknologi yang dirancang dan dibuat   dengan   mempertimbangkan   masa   depan.   

Diselenggarakan   di   Alserkal Avenue di Dubai, pameran ini menyoroti produk dan layanan dalam empat konsep gaya hidup:

● Concept for Working – Acer menghadirkan solusi paket berlangganan on-demand (sesuai permintaan) untuk portofolio produk Acer yang luas, di mana konsumen   dapat   melakukan   peningkatan   paket   langganan,   layanan,   dan perbaikan   yang   dapat   tersedia   dengan   sekali   klik.   Konsumen   dapat   aktif menjadi   bagian  dari   sistem   yang   memperpanjang  umur   perangkat  digital, mengurangi penggunaan sumber daya baru.

● Concept for Learning–  Gabungan antara perangkat keras  dan perangkat lunak yang dapat membantu sekolah dalam mengurangi jejak emisi karbon. Para  siswa   dapat   belajar   menggunakan  laptop   yang  diremajakan   bersama perangkat yang tentunya lebih ramah lingkungan. 

● Concept   for   Moving  –Acer   juga   menghadirkan   berbagai   lini   produk mobilitas   ramah   lingkungan   seperti  e-bikes,   e-scooters  serta   stasiun pengecasan   yang   tentunya   dapat   mempermudah   perjalanan.   Acer   juga memperkenalkan perangkat untuk perencanaan perkotaan berdasarkan data dan   prediksi   infrastruktur   mikro-mobilitas,   membantu   meningkatkan   akses transportasi   bagi   lebih   banyak   orang   dan   mendukung   perencanaan infrastruktur dalam smart city.

● Concept for Living    – Sebuah sistem dengan aplikasi mobile yang  hyper compatible,   memungkinkan   penggunaan   berbagai   perangkat   cerdas   yang sudah   ada   maupun   yang   baru,   untuk   menghadirkan   rumah   yang   lebih nyaman   dan  tahan   iklim.  Aplikasi  ini   memungkinkan  pengguna   mengelola konsumsi   energi   mereka   dengan   lebih   e=sien   dengan   cara   memantau konsumsi energi pada masing-masing perangkat. 

Baca Juga: NVIDIA Prioritaskan Pengiriman Chip AI ke Jepang

 Baca Juga: Kini Bing Memiliki Fitur Deep Search, Hadirkan Jawaban Lebih Lengkap