Find Us On Social Media :

Meta Kenalkan Imagine, Situs Pembuat Gambar Canggih Berbasis AI

By Adam Rizal, Senin, 11 Desember 2023 | 09:00 WIB

Meta AI

Meta meluncurkan situs pembuat gambar Imagine yang menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang sedang tren. Imagine adalah bagian dari chatbot AI Meta yang memungkinkan pengguna menciptakan gambar dengan perintah teks sederhana, didukung oleh model Emu Meta.

Setiap gambar yang dihasilkan oleh imagine.meta.com memiliki watermark atau tanda air di sudut kiri bawah yang menandakan penggunaan Meta AI, dan Meta berencana untuk menghadirkan watermark khusus yang tak terlihat di masa depan.

Selain itu, Meta juga memperkenalkan alat "reimagine" di aplikasi Message yang memungkinkan pengguna mengubah gambar yang telah dibuat dengan Meta AI selama obrolan. Situs Imagine itu menarik karena tidak hanya memerlukan login Facebook atau Instagram, tetapi juga akun Meta, yang telah diperkenalkan sebelumnya untuk pengguna headset Quest tanpa login Facebook.

Belum jelas rencana, apakah Meta akan  mengintegrasikan realitas virtual untuk Imagine, perusahaan ini aktif menguji fitur AI generatif di berbagai aplikasinya. Di Instagram, Meta juga menguji kemampuan untuk mengubah gambar lanskap menjadi potret menggunakan alat kreatif baru bernama "Expander." 

Selain itu, Meta mengimplementasikan AI generatif di Facebook, seperti dalam Grup, Marketplace, dan bahkan memberikan saran penulisan yang dihasilkan AI untuk postingan Feed, profil Kencan Facebook, serta balasan dalam pesan langsung Instagram seperti dikutip Engadget.

Pembaruan itu mencerminkan upaya Meta untuk menjadikan AI generatif sebagai inti dari layanannya, sejalan dengan komitmen Mark Zuckerberg untuk menyematkan kecerdasan buatan ke dalam setiap produk perusahaannya.

Fitur Edit Foto dan Video

Ilustrasi Meta.

Meta Platforms baru-baru ini meluncurkan dua fitur terbaru pengeditan video berbasis artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang memungkinkan pengguna mengunggah konten ke Instagram atau Facebook. Fitur pertama, Emu Video, menghasilkan video pendek dengan keterangan, foto, atau gambar.

Tak hanya itu, Meta juga memperkenalkan Emu Edit yangmemudahkan pengguna dalam mengubah atau mengedit video dengan bantuan petunjuk teks. Alat ini merupakan perkembangan dari model Emu yang sebelumnya menghasilkan gambar sebagai respons terhadap perintah teks. 

Emu mendasari teknologi AI generatif dan beberapa alat pengeditan gambar AI untuk Instagram yang memungkinkan seseorang mengambil foto dan mengubah gaya visual atau latar belakangnya seperti dikutip Reuters.

Meta, sebagai raksasa media sosial, terus menunjukkan kemajuan pesat dalam bidang kecerdasan buatan, menjadi fokus utama dalam persaingannya dengan perusahaan besar lainnya seperti Microsoft, Google, dan Amazon.

Cara Bikin Stiker AI

Meta baru-baru ini mengumumkan penambahan fitur artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI) ke platformnya, termasuk Instagram dan WhatsApp. Salah satu fitur unggulannya adalah stiker AI yang dapat dipersonalisasi melalui teks.

Saat ini fitur pembuat stiker Instagram sedang dalam tahap uji coba seperti dikutip India Today. Seperti WhatsApp, fitur ini memungkinkan pengguna membuat stiker khusus dari foto mereka sendiri. Meskipun belum tersedia untuk semua pengguna saat ini, Meta diperkirakan akan meluncurkannya secara bertahap.

Fitur stiker AI ini akan tersedia dalam pembaruan aplikasi di masa depan dan akan ditenagai oleh model bahasa besar (LLM) dari Meta, yaitu Llama 2. Stiker yang dihasilkan oleh AI dapat digunakan di berbagai platform Meta, termasuk Facebook Stories, Instagram Stories, Direct Message, Messenger, dan WhatsApp.

Kabarnya, fitur ini akan dirilis kepada sejumlah pengguna berbahasa Inggris pada bulan mendatang. Berikut cara menggunakan penggunaan fitur AI tersebut seperti dikutip India Today:

Selain fitur pembuat stiker AI, Meta juga memperkenalkan alat AI generatif lainnya yang memungkinkan pengguna mengedit gambar dan membuat stiker dengan bantuan teks.

Pengeditan gambar AI akan dapat digunakan di Instagram, sementara stiker yang dihasilkan oleh AI akan dapat digunakan di Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Messenger.

Baca Juga: Uni Eropa Sahkan Regulasi Pertama AI, GPT-4 Jadi Perhatian Utama

Baca Juga: Daftar Tools AI ini Dapat Meningkatkan Kualitas Pemasaran Digital