Find Us On Social Media :

IBM Ungkap Lima Tren Teknologi 2024, AI Jadi Kebutuhan Utama

By Adam Rizal, Kamis, 14 Desember 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi IBM AI

Menjelang akhir tahun, perusahaan teknologi IBM mengungkapkan lima tren teknologi yang bakal memegang peranan penting di dalam industri pada tahun depan. Salah satunya perang penting teknologi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang menjadi kebutuhan bukan lagi pilihan.

Berikut lima besar tren teknologi tahun depan 

1. Menjadikan AI Sebagai Hal Utama, Bukan Pilihan 

Tiga dari empat CEO mengatakan keunggulan kompetitif tergantung pada siapa yang memiliki AI generatif paling canggih. Namun, di seluruh organisasi, lebih dari 60% masih belum mengembangkan pendekatan yang konsisten di seluruh perusahaan untuk AI generatif langkah penting dalam AI plus yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. 

Untuk memimpin dengan AI yang bertanggung jawab, eksekutif dan organisasi mereka perlu memimpin dengan yang terbaik dari apa yang membuat kita manusia: kebijaksanaan, etika, dan kepedulian terhadap pemangku kepentingan mereka.

2. Orang yang Menggunakan AI Bakal Gantikan Orang yang Tidak

Pada 2024, AI generatif akan berdampak pada hampir semua peran dan level organisasi. Sebanyak 77 persen pekerja entry level akan melihat peran pekerjaan mereka bergeser pada tahun 2025 tetapi begitu juga lebih dari satu dari empat eksekutif senior.

Keberhasilan adopsi AI bergantung pada keterbukaan tim untuk menggunakan perangkat dan aplikasi AI baru. Para CEO memperkirakan bahwa 40 persen dari tenaga kerja mereka perlu keterampilan ulang saat mereka menerapkan AI dan otomatisasi selama tiga tahun ke depan. Pekerja harus mempercayai rekan AI baru mereka untuk menjalankan pekerjaan mereka.

3. Percakapan Mengenai Data Bukan Sekedar Istilah TI tetapi Bagian dari Pengambilan Keputusan oleh C-Suite.

Data adalah sumber kehidupan setiap organisasi. Data dimanfaatkan oleh lintas departemen merekomendasikan strategi, keputusan operasional, dan inovasi. Mempercayai data Anda menjadi lebih penting dari sebelumnya, tetapi bukan hanya integritas data itu sendiri.

Anda juga harus dapat mempercayai bahwa semua data Anda miliki terjamin aman dan terlindungi. Organisasi yang mampu memonetisasi data besar yang terpercaya dan berkualitas tinggi menyadari lonjakan dua kali lipat ROI dari kemampuan AI mereka ketimbang organisasi yang tidak melakukannya.

Dengan keunggulan ini, tidak mengejutkan bahwa pada 2024, data tidak lagi hanya melulu tentang teknologi; ini adalah keharusan bisnis dengan signifikansi strategis yang sangat besar.