Find Us On Social Media :

Red Hat Hadirkan Layanan Otomatisasi Ansible dengan AI Generatif

By Liana Threestayanti, Senin, 18 Desember 2023 | 13:00 WIB

Layanan berbasis teknologi AI generatif untuk otomatisasi infrastruktur, Red Hat Ansible Lightspeed dengan IBM watsonx Code Assistant kini tersedia secara umum. Dengan layanan ini, enterprise diharapkan dapat mempercepat otomatisasi infrastruktur TI-nya di seluruh bagian organisasi.

Layanan berbasis teknologi AI generatif untuk otomatisasi infrastruktur, Red Hat Ansible Lightspeed dengan IBM watsonx Code Assistant kini tersedia secara umum. Dengan layanan ini, enterprise diharapkan dapat mempercepat otomatisasi infrastruktur TI-nya di seluruh bagian organisasi.

Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant dirancang untuk para automator, operator, dan developer Ansible. Layanan ini memungkinkan pengguna memasukkan prompt atau instruksi untuk berinteraksi dengan model-model dasar (foundation model) IBM watsonx yang kemudian akan memberikan rekomendasi kode untuk konten Ansible. 

Dibangun khusus untuk Ansible, layanan ini membantu menerjemahkan ide-ide otomatisasi ke dalam kode-kode Ansible dengan menggunakan instruksi dalam bahasa alami (natural language). 

Selain meningkatkan aksesibilitas otomatisasi bagi semua personel tim IT, menurut Red Hat, layanan Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant ini memungkinkan praktik konten terbaik dan pemeliharaan di seluruh organisasi sehingga berdampak pada otomatisasi yang lebih baik dan lebih konsisten.

Demokratisasi Keahlian Otomatisasi

Dilatih dengan data Ansible, Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant disebut Red Hat sebagai kombinasi kekuatan pengalaman langsung dengan inovasi teknis untuk menyediakan rekomendasi konten yang lebih akurat, konsisten dan spesifik untuk kebutuhan bisnis. Layanan ini juga merupakan perpanjangan alami dari alur kerja Red Hat Ansible Automation Platform yang sudah ada dan bersama dengan jajaran lengkap tool konten Ansible. 

Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant merupakan komponen dari Ansible Automation Platform dan diakses langsung pada Ansible Visual Studio Code melalui Ansible extension. Dengan begitu, pengembang dan operator tidak harus login atau mengakses tool atau layanan terpisah untuk mengaksesnya.

Untuk membuat dan menyunting Ansible Playbooks dengan berbagai peraturannya, pengguna bisa memasukkan prompt teks langsung dan menerima output yang diterjemahkan menjadi konten YAML sehingga akan memudahkan pembuatan role dan playbook. 

Bagi pengguna yang sudah berpengalaman, layanan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan. Sedangkan pengguna baru akan terbantu dalam pembuatan konten Ansible bahkan membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk membuat konten Ansible. Demokratisasi ini memungkinkan teratasinya kesenjangan keterampilan otomatisasi infrastruktur di lingkungan enterprise.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Konten 

Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant membantu menerjemahkan keterampilan utama yang sudah ada menjadi konten otomatisasi Ansible yang lebih sesuai dan praktik terbaik dan dapat diperluas ke seluruh tim dan enterprise. Ansible Lightspeed dengan watsonx Code Assistant memindai konten Ansible yang sudah ada untuk membantu menstandarisasikan dan meningkatkan kualitas melalui rekomendasinya, serta berpegang pada standar industri. Layanan ini juga membantu menjaga data pribadi melalui isolasi data, sehingga informasi penting pelanggan tetap tak terjamah dan kemungkinan kebocoran data diminimalkan.

AI Generatif a la Open Source