Find Us On Social Media :

Alasan Kemampuan Dimensity 9400 Lebih Powerful dari Snapdragon 8 Gen 3

By Adam Rizal, Senin, 18 Desember 2023 | 15:30 WIB

MediaTek Dimensity

Pabrikannya SoC MediaTek memperkenalkan chipset smartphone terbarunya Dimensity 9400 yang memiliki kinerja powerful mengalahkan Snapdragon 8 Gen 3. Digital Chat Station mengungkapkan Dimensity 9400 dapat mengalahkan Snapdragon 8 gen 3 di berbagai aspek.

Meskipun pengumuman resmi masih akan dilakukan, informasi yang bocor menunjukkan perbedaan antara Dimensity 9400 dan pendahulunya, Dimensity 9300. Dalam konfigurasinya, Dimensity 9400 tidak akan menggunakan 4 core performa Cortex-X5 seperti yang ada pada Dimensity 9300. 

Sebagai gantinya, chip itu akan mempertahankan konfigurasi dengan core kinerja keseluruhan, sambil menghilangkan core efisiensi. Meskipun hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai efisiensi prosesor, proses manufaktur 3nm diharapkan dapat meningkatkan efisiensi termal berkat peningkatan fabrikasi.

Detail terkait GPU dari Dimensity 9400 masih belum tersedia, dan fokus utama dari perbandingan yang diungkap oleh Digital Chat Station adalah kinerja CPU dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4. Perlu dicatat bahwa kolaborasi aktif antara MediaTek dan Vivo dalam pengembangan chip ini juga menjadi sorotan, dengan laporan sebelumnya menunjukkan keterlibatan Vivo dalam mengembangkan chip ini, khususnya dalam bidang kecerdasan buatan (AI) seperti dikutip Gizmochina.

Walaupun masih banyak informasi yang belum diketahui mengenai Dimensity 9400, Qualcomm juga sedang mengembangkan prosesor mobile 3nm pertamanya, yaitu Snapdragon 8 Gen 4. Keduanya diharapkan menjadi pesaing utama di pasar prosesor mobile pada masa mendatang.

Baca Juga: Perusahaan AI China ini Mampu 'Hidupkan' Kembali Orang Meninggal

Baca Juga: Siap-siap! Bakal Banyak Korban PHK Akibat Adopsi AI Tahun Depan