Find Us On Social Media :

Terungkap! Pembuatan Chatbot AI ChatGPT Selesai dalam Waktu Seminggu

By Adam Rizal, Selasa, 19 Desember 2023 | 15:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Layanan chatbot artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT sangat fenomenal dan membuka paradigma baru soal pengalaman pengguna AI di masyarakat. Tak hanya itu, ChatGPT yang berbasis teknologi AI generatif itu juga sukses menginspirasi perusahaan teknologi raksasa lainnya untuk memperkenalkan layanan serupa seperti Google yang menghadirkan Bard dan Baidu yang memiliki Ernie.

Salah seorang insinyur OpenAI Arun Vijayvergia mengungkap layanan ChatGPT  dikembangkan hanya dalam waktu 8 hari saja. Meskipun pengembangan model bahasa GPT yang mendasari ChatGPT memakan waktu bertahun-tahun.

ChatGPT sendiri adalah layanan chatbot AI yang digarap oleh OpenAI. OpenAI sendiri  bermula kala Elon Musk dan Larry Page, kala itu masih CEO Google, terlibat perselisihan terkait perbedaan pandangan mengenai masa depan AI. Akhirnya Elon Musk bersama dengan beberapa investor lainnya mendirikan OpenAI dan menunjuk Sam Altman sebagai CEO. Pada 2022, tim OpenAI menyelesaikan seluruh proses produksi dan peluncuran produk ChatGPT hanya dalam 8 hari saja. Kala itu, tak seorang pun menduga betapa besar dampaknya bagi dunia.

Salah satu penyebab pembuatan ChatGPT cukup singkat adalah kompetitor utama Operasi yaitu Anthropic akan meluncurkan produk model besar mereka sendiri. Karena itu, tim OpenAI pun bergerak cepat dengan membuat laman web dan menyesuaikan antarmuka dalam waktu singkat menggunakan Next.js.

Meskipun perilisan ChatGPT dalam waktu yang singkat menimbulkan kontroversi terkait regulasi privasi, OpenAI secara perlahan memperbaiki masalah yang muncul akibat ketergesaan tersebut. Saat ini, OpenAI telah meluncurkan ChatGPT Plus dengan model bahasa GPT-4 yang ditingkatkan secara kecerdasan. Pengembangan selanjutnya dari OpenAI diantisipasi seiring berjalannya waktu.

Pendaftaran Kembali Dibuka

ChatGPT Plus

OpenAI kembali membuka pendaftaran layanan premium ChatGPT Plus usai hampir sebulan layanan pendaftaran itu dihentikan. CEO OpenAI Sam Altman mengumumkan pembukaan pendaftaran itu melalui posting di Twitter bahwa pendaftaran dapat dilakukan mulai Kamis, 14 Desember 2023. Anda bisa berlangganan ChatGPT Plus dengan membayar biaya langganan 20 dolar AS atau sekiar Rp.309.000 per bulan.  

"Kami kembali membuka pendaftaran ini usai mendapatkan lebih banyak kartu grafis (GPU), menjawab permintaan pengguna yang melonjak setelah konferensi pengembang pertama OpenAI," kata Sam Altman.

Altman juga berterima kasih atas kesabaran pengguna selama pencarian GPU tambahan. "Terima kasih atas kesabaran Anda selagi kami menemukan GPU yang lebih banyak," tambah Altman.

ChatGPT sendiri menggunakan infrastruktur AI milik Microsoft (Azure) dengan dukungan puluhan hingga ribuan GPU Nvidia A100 atau H100 sehingga menjawab pertanyaan pengguna dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Berlangganan ChatGPT Plus menawarkan sejumlah manfaat, termasuk akses umum selama jam sibuk, waktu respons lebih cepat, akses prioritas ke fitur baru, dan akses ke model AI terbaru, GPT-4. Pengguna juga dapat memanfaatkan alat tambahan seperti DALL·E untuk membuat gambar, fitur penelusuran, analisis data tingkat lanjut, dan lainnya.

Sempat Ditutup 

OpenAI menghentikan pendaftaran pelanggan baru untuk chatbot artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan ChatGPT Plus versi berbayar. Fitur premium ChatGPT Plus, seperti akses prioritas pada jam sibuk, tidak lagi tersedia untuk pendaftar baru karena lonjakan permintaan yang signifikan setelah konferensi pengembang OpenAI pekan lalu. 

CEO OpenAI, Sam Altman, mengumumkan penutupan sementara ini melalui akun Twitter pribadinya (@sama), menjelaskan bahwa kenaikan penggunaan setelah acara tersebut telah melampaui kapasitas, yang dapat mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna. 

"Lonjakan penggunaan pasca DevDay melampaui kapasitas kami dan kami ingin memastikan semua orang mendapatkan pengalaman yang luar biasa," ujar Altman di X lewat akun berhandle @sama.

Altman memberi jaminan bahwa pendaftaran ChatGPT Plus akan dibuka kembali, meskipun tanpa informasi rinci tentang kapan pembukaannya. Pengguna yang berminat dapat tetap mendaftar dan menerima notifikasi saat pendaftaran ChatGPT Plus dibuka kembali.

Kelihatannya, OpenAI menghadapi tantangan mengelola produk-produknya setelah konferensi pengembang, termasuk kejadian penurunan layanan pada OpenAI API dan ChatGPT.

Pengguna yang ingin mendaftar juga tetap bisa memilih opsi "daftar" di situs ChatGPT, sehingga mendapat notifikasi ketika pendaftaran ChatGPT Plus resmi dibuka lagi. OpenAI belakangan memang tampak kewalahan menangani aneka produknya, utamanya setelah DevDay digelar 6 November lalu. 

Baca Juga: Platform CUDA Sukses Bantu NVIDIA Dominasi Pasar AI di Dunia

 Baca Juga: Alasan Teknologi AI Bisa Ciptakan Krisis Keuangan Dunia di Masa Depan