Find Us On Social Media :

Dell Technologies: Menakar Peluang Revolusi PC dengan AI Generatif

By Liana Threestayanti, Kamis, 21 Desember 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi Generative AI (Artificial Intelligence).

Penulis: Sam Burd, President, Client Solutions Group, Dell Technologies 

[Redaksi] Tiga firma global, Canalys, Gartner, dan IDC menyebutkan bahwa pasar PC di seluruh dunia mengalami penurunan dalam pengiriman (shipment), sekitar 7- 9% pada kuartal ketiga tahun 2023. Namun ketiganya juga melihat sinyal-sinyal positif dan harapan pemulihan menjelang 2024. Dell Technologies mengulas peluang perkembangan PC dengan kekuatan AI generatif.

Tiga tahun lalu, Dell Technologies membahas masa renaisans PC. Komputer personal telah banyak membantu kita  untuk selalu terhubung dan berkolaborasi. Namun saat kerja dari rumah (work from home) dan pembelajaran secara virtual atau daring marak terjadi pada tahun 2020, kita melihat jelas peran penting  PC dalam semua aspek kehidupan kita. 

Dan di saat itu, Dell menjabarkan visi masa depan, menjelaskan arah investasi perusahaan, dan memprediksi bagaimana interaksi antara manusia dan PC akan berkembang. 

Ada momen penting lain sekarang, yaitu AI generatif (Gen AI). Kemajuan yang akan kita lihat dari GenAI akan dibandingkan dengan kemunculan PC 40 tahun lalu ketika tren PC saat itu menghadirkan tingkat  produktivitas yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya. Namun apa sebenarnya arti Gen AI bagi masa  depan PC? Bagaimana GenAI akan membentuk pengalaman manusia dengan PC? 

Situasi dan Kondisi Saat Ini 

Untuk memahami peluang artificial intelligence (AI) di masa depan, mari kita lihat di mana posisi kita sebelumnya dan saat ini. Kemungkinan besar Anda telah menggunakan beberapa jenis AI dalam aktivitas sehari-hari, mengingat AI dan machine learning sudah ada sejak lama. 

Kami melihat peluang PC dalam membantu mendorong produktivitas manusia dan menjadi pengguna awal AI. Oleh karena itu, kami membuat PC yang lebih cerdas, sadar diri (self-aware), dan sadar pengguna (user-aware). 

Peluang Jangka Pendek Gen AI

Gen AI akan memengaruhi cara hidup dan bekerja. Meski masih banyak hal yang belum dapat  dibayangkan, PC berkemampuan AI akan semakin populer. Kita telah melihat bagaimana GenAI bisa  membuka tingkat produktivitas baru dengan peluncuran Microsoft Copilot. 

Dari semua demo yang ada, kita bisa melihat bagaimana PC mengumpulkan, menyusun, dan membuat informasi lebih cepat  dari sebelumnya. Hal ini menjadikan ide sebagai sumber informasi utama, dan Anda bisa lebih fokus pada kreativitas, pemecahan masalah, dan inovasi. 

Dell bekerja sama dengan Microsoft saat peluncuran fitur-fitur baru Copilot, yang dapat dirasakan manfaatnya oleh semua  pengguna Windows 11.