Find Us On Social Media :

Begini Cara Mudah Menggunakan Fitur Suara ChatGPT Secara Gratis

By Adam Rizal, Selasa, 26 Desember 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI mengumumkan bahwa fitur suara ChatGPT dapat diakses secara gratis. Fitur itu memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan ChatGPT secara natural tanpa biaya.  Sebelumnya fitur itu hanya dapat digunakan oleh pengguna ChatGPT Plus dan Enterprise

Aplikasi ini didukung oleh model-model OpenAI, termasuk Whisper, model speech-to-text open-source, dan mode text-to-speech yang baru. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus mengunduh aplikasi ChatGPT di ponsel mereka dan menekan ikon headphone untuk memulai percakapan. Kemampuan suara ini tersedia di aplikasi ChatGPT untuk Android dan iOS yang dapat diunduh di Google Play maupun App Store.

 Berikut langkah-langkahnya!

- Unduh aplikasi ChatGPT;

- Klik ikon headset;

- Pilih suara yang Anda sukai (termasuk beberapa suara pria dan wanita dan aksen yang berbeda);

- Mulai mengobrol dengan ChatGPT.

Pengguna dapat memilih dari lima suara berbeda, seperti Breeze, Ember, Cove, Juniper, dan Sky. Langkah-langkah untuk menggunakan fitur suara melibatkan mengunduh aplikasi, memilih ikon headphone, memilih suara, dan memulai percakapan. 

OpenAI berencana mengumpulkan umpan balik pengguna untuk perbaikan lebih lanjut. Selain itu, ekstensi pihak ketiga seperti VoiceWave: ChatGPT Voice Control, Talk-to-ChatGPT, dan Voice Control for ChatGPT juga tersedia untuk meningkatkan kontrol suara dan memungkinkan pengguna berbicara dengan ChatGPT menggunakan mikrofon dalam berbagai bahasa.

Untuk memulai percakapan suara, pengguna dapat mengetuk ikon headphone di aplikasi ChatGPT. Setelah koneksi dibuat, ChatGPT akan mendengarkan pengguna berbicara. Saat ini fitur suara masih dalam versi beta, dan OpenAI berencana untuk memasukkan umpan balik pengguna untuk menyempurnakan penggunaan.

Selain fitur suara-mengobrol dengan AI, ChatGPT juga menyediakan third-party extensions sebagai peningkatan kontrol suara. Ekstensi seperti pada Chrome ini memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan ChatGPT menggunakan suara mereka ketimbang mengetik.

Ada pula tombol read-aloud atau listen untuk setiap pesan, menyorot kalimat atau frasa yang sedang didengarkan, dan menawarkan pintasan keyboard yang dapat disesuaikan.

VoiceWave: ChatGPT Voice Control merupakan salah satu ekstensi yang memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan ChatGPT menggunakan mikrofon mereka dalam lebih dari 145 bahasa.

Ada pula Talk-to-ChatGPT dan Voice Control for ChatGPT yang juga tersedia pada Chrome dan Microsoft Edge. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan ChatGPT AI menggunakan suara mereka dan mendengarkan jawabannya melalui suara. Semakin banyak akses untuk menggunakan berbagai produk AI yang salah satunya dikeluarkan oleh OpenAI secara gratis

Baca Juga: Latih Generatif AI Akurat, Apple Gandeng Penerbit Berita Terkenal

Baca Juga: MA Inggris Putuskan Karya Buatan AI Tak Bisa Dapat Hak Paten