Find Us On Social Media :

Rekomendasi Aplikasi AI Terbaik untuk UMKM di Indonesia, Ada ChatGPT

By Adam Rizal, Rabu, 3 Januari 2024 | 09:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

Saat ini kehadiran aplikasi artificiaI intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memberikan dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), terutama dalam pemasaran, produktivitas, dan efisiensi. Salah satu manfaat AI untuk UMKM adalah mampu meningkatkan kemampuan pemasaran karena teknologi AI ini bisa mempercantik gambar jualan, membuat caption atau deskripsi produk yang menarik. 

Berikut rekomendasi lima aplikasi AI untuk UMKM:

1. Copy.ai

Aplikasi AI itu memungkinkan pelaku UMKM menulis berbagai materi tanpa mengalami writer’s block, meningkatkan produktivitas dengan berbagai alternatif secara otomatis. Anda dapat meminta aplikasi AI ini untuk menulis berbagai materi seperti iklan, media sosial, website, surat, dan lain sebagainya.Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memberikan intruksi dan secara otomatis Copy.ai akan menyediakan berbagai pilihan alternatifnya.

2. Design.ai 

Aplikasi AI itu berbasis website untuk membuat logo, video, banner, dan mockup dengan dukungan teknologi AI, menghemat biaya dan waktu.

3. ChatGPT

Chatbot berbasis AI yang membantu UMKM merencanakan strategi pemasaran, memberikan informasi tren pasar, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan menganalisis data pelanggan.

4. DALL E

Aplikasi AI untuk membuat gambar produk unik, meningkatkan branding dan penjualan produk, serta mempercepat pemasaran.

5. Salesforce Einstein

Platform berbasis AI yang mengotomatiskan tugas-tugas seperti pengiriman email, pembuatan laporan, dan pemrosesan pesanan, dengan keunggulan kustomisasi user experience, prediksi pelanggan potensial, dan deskripsi produk yang efektif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Menggunakan Layanan Google Search AI?

Baca Juga: GitHub Hadirkan Copilot Chat Berbasis AI untuk Pengguna Gratisan