Find Us On Social Media :

Ini Produk Kecantikan & Perawatan Terlaris di Tokopedia Selama 2023

By Rafki Fachrizal, Jumat, 12 Januari 2024 | 18:15 WIB

Ilustrasi Tokopedia Beauty.

Geliat industri kecantikan di Indonesia terus melaju sepanjang 2023. Data Kementerian Perindustrian mencatat bahwa kontribusi industri kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%.

“Tokopedia pun mencatat kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh sebagai salah satu kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat lewat Tokopedia sepanjang 2023 (data Januari-September 2023 dibandingkan Januari-September 2022),” jelas Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.

Tokopedia juga melihat animo masyarakat dalam berbelanja online produk kecantikan dan perawatan diri sepanjang 2023 menciptakan tren tersendiri.

“Beberapa produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2023 adalah bedak wajah, produk styling rambut, lipstik, lip cream dan eyeliner. Sedangkan beberapa produk perawatan diri yang laris manis di Tokopedia adalah cleanser wajah, serum wajah, krim wajah, parfum dan sunscreen wajah,” jelasStefanie.

Tren tersebut membuktikan bahwa bahkan di pascapandemi, masyarakat makin peduli dengan kesehatan kulit dan wajah.

Hal ini juga tidak lepas dari kemunculan berbagai tren kecantikan yang digandrungi banyak masyarakat lewat media sosial sepanjang 2023, mulai dari tren clean girl makeup, glass skin, latte makeup, strawberry makeup, dan masih banyak lagi.

Selain mencatat deretan produk kecantikan dan perawatan diri yang laris manis, Tokopedia juga melihat berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023.

“Daerah Pesisir Selatan (Sumatra Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), Sampang (Jawa Timur), Rokan Hulu (Riau) dan Ambon (Maluku), merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri sepanjang tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat dibandingkan tahun 2022,” tambah Stefanie.*

Sepanjang 2023, Tokopedia pun konsisten menghadirkan deretan inisiatif dan kampanye dalam upaya mendukung pertumbuhan brand lokal kecantikan dan perawatan diri.

“Melalui kampanye Tokopedia Beauty, kami terus berupaya untuk memberikan panggung khusus bagi pelaku usaha di industri kecantikan dan perawatan diri, termasuk brand lokal. Ada pun banyak promo diskon, eksklusif produk, flash sale dan bebas ongkir agar belanja online makin hemat,” jelas Stefanie.

Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang akhir tahun 2023, khususnya pada September 2023, mengalami kenaikan hampir 5 kali lipat jika dibandingkan awal tahun 2023 pada Januari 2023.

Sebagai perpanjangan dari Tokopedia Beauty, Tokopedia juga telah mengadakan Tokopedia Beauty Awards (TBA) di akhir 2023. Ajang penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2020 ini adalah upaya Tokopedia untuk mengapresiasi produk-produk kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat Indonesia.

“Terkumpul ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia lewat Tokopedia untuk menentukan 32 nama pemenang berbagai kategori di Tokopedia Beauty Awards 2023,” ujar Stefanie.

Di penghujung 2023, Tokopedia bersama TikTok juga telah meluncurkan kampanye Beli Lokal bertepatan dengan momentum Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada 12 Desember 2023 lalu.

Kampanye Beli Lokal bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand lokal, termasuk produk kecantikan dan perawatan diri. Kampanye Beli Lokal dapat ditemukan baik di aplikasi Tokopedia maupun aplikasi TikTok, sehingga dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM lokal ke seluruh Indonesia.

“Kami pun melihat dampak positif pada penjualan brand lokal saat momen Harbolnas 12.12 tersebut. Sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan diri di Tokopedia mengalami rata-rata kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 2023 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” jelas Stefanie.

Baca Juga: Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Sukses Digelar, Ini Produk Paling Larisnya

Baca Juga: TikTok Suntik US$1,5 M ke Tokopedia Demi Hidupkan Lagi TikTok Shop