Find Us On Social Media :

Review Dell Precision 7670 Workstation: Kencang untuk Profesional

By Dayu Akbar, Minggu, 14 Januari 2024 | 12:30 WIB

Dell Precision 7670 Workstation (P114F)

Dell memiliki lini laptop workstation yang cukup beragam melalui seri Precision. Salah satu seri yang kami bahas kali ini punya seri lengkap Dell Precision 7670 Workstation (P114F). Sebagai mobile workstation, Dell Precision 7670 Workstation diperuntukkan bagi kebutuhan profesional seperti pekerja grafis editor, 3D editor, desainer, atau mereka yang sering menggunakan aplikasi-aplikasi grafis sejenis.

Sebagai penunjang performa, laptop ini dipersenjatai dengan prosesor powerful yaitu Intel Core generasi ke-12 seri HX yang menawarkan performa ekstrem. SKU yang digunakan adalah Intel Core i7-12850HX dengan konfigurasi 16 cores (8P+8E) serta 24 threads yang memiliki turbo clock hingga 4,8 GHz. Prosesor ini berbasis platform Intel vPro yang biasa disematkan bagi kebutuhan pebisnis karena menawarkan solusi keamanan tambahan bagi perusahaan.

Bidik kelas profesional, GPU-nya menggunakan NVIDIA GeForce RTX A2000 8 GB GDDR6 dengan TGP (Total Graphics Power) default 95 watt yang artinya ditujukan bagi kebutuhan grafis profesional kelas menengah seperti desain, simulasi sampai rendering 3D. Dengan dukungan driver khusus yang berbeda dengan seri RTX untuk gaming seperti RTX 3000 series, seri RTX A2000 ini punya performa lebih kencang di beberapa skenario grafis profesional.

Laptop ini menggunakan memori DELL-CAMM berukuran besar menggantikan modul SO-DIMM yang kerap digunakan pada laptop gaming dan workstation pada seri tertentu.

Untuk seri ini, Dell menggunakan memori dengan modul DELL-CAMM. Ini merupakan modul baru besutan Dell yang menggantikan modul SO-DIMM. Modul ini pertama kali dikenalkan DELL pada tahun 2022 yang secara khusus hadir di seri Precision 7670 dan 7770 workstation. Memori yang digunakan memiliki kapasitas 16 GB dalam bentuk satu keping berukuran besar. Konfigurasinya sudah dual-channel sehingga lebih optimal performanya.

Sebagai media penyimpanan data, Dell menyediakan slot storage cukup banyak yaitu mendukung hingga tiga SSD. Satu slot sudah terpasang kapasitas 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 dengan ukuran 2280. Sementara satu slot kosong memiliki ukuran 2230 (22 mm x 30 mm) sedangkan satunya lagi berukuran 2280 (22 mm x 80 mm). Jadi jika dimaksimalkan, Anda bisa memasang hingga kapasitas 6 TB jika masing-masing slot menggunakan kapasitas 2 TB. Untuk SSD pertama yang terpasang memiliki kecepatan yang cukup gegas. Kecepatan baca dan tulis yang mencapai 6000-an MB/s dan 3000-an MB/s menjadi bukti hal tersebut.

Mendukung hingga 3 SSD dimana sudah terpasang satu M.2 NVMe PCIe 4.0 x4 berukuran 2280 (gbr.1) kapasitas 512 GB, satu slot kosong M.2 NVMe 2280 (gbr.2) dan satu slot kosong NVMe 2230 (gbr.3)

Di sektor layar, laptop ini jadi seri Precision pertama yang memiliki ukuran 16 inci. Resolusi yang dimilikinya yaitu FHD+ atau 1920 x 1200 pixels. Guna menghindari pantulan cahaya, layarnya sudah menggunakan lapisan anti-glare sehingga nyaman digunakan pada ruang terang sekalipun. Precision 7670 ini punya beberapa varian spesifikasi layar, dan unit yang kami uji ini ditujukan bagi pengguna yang lebih mengedepannya performa. Ini terlihat dari layar yang hanya memiliki color gamut 45% NTSC. Dari sisi desain, bezel layar terbilang tipis meski bukan yang paling tipis yang pernah kami lihat. Menariknya, engsel pada layar bisa ditekuk sampai kemiringan 180 derajat.

webcamnya dilengkapi dengan privacy shutter yang berfungsi untuk mematikan webcam secara manual serta sensor IR untuk pengenalan wajah yang kompatibel dengan Windows Hello.

Di sisi atas layar, Dell menyertakan webcam yang dilengkapi dengan infra red dan mendukung Windows Hello. Hal ini memudahkan pengguna untuk melakukan login Windows melalui fitur Face Recognition. Terdapat pula fitur privacy shutter yang berfungsi untuk mematikan webcam secara manual untuk alasan keamanan atau privasi.

Secara fisik dimensinya cukup besar dengan bobot 2,67 kg. Penggunaan laptop ini memang lebih ideal digunakan di suatu ruang karena dimensinya tersebut yang kurang ideal untuk aktivitas yang mobile. Hal ini juga didukung dengan adaptor 240 watt-nya yang punya bobot hampir 500 gram.

Tidak hanya performa, ketangguhan juga terlihat dari bodi berbahan metal yang cukup berat serta ukuran lebar yang sudah berstandar militer (MIL-STD Certified).