Find Us On Social Media :

Nih, Lima Peluang Karier Menjanjikan di Industri Kripto 2024

By Liana Threestayanti, Rabu, 17 Januari 2024 | 13:00 WIB

Di tengah perkembangan industri kripto, Upbit Indonesia melihat setidaknya ada lima peluang karier yang menjanjikan di industri ini. (Foto: Resna Raniadi, Chief Operating Officer Upbit Indonesia)

Industri kripto di Indonesia terus berkembang, bahkan menciptakan berbagai peluang karier yang menarik, terutama bagi mereka yang tertarik dengan teknologi blockchain. Upbit Indonesia melihat setidaknya ada lima peluang karier yang menjanjikan di industri kripto.

Tahun 2024 telah menjadi tonggak sejarah bagi industri kripto dengan pertumbuhan yang pesat baik dari sisi transaksi maupun pengguna serta transformasi mendalam dalam lanskap keuangan global. 

Sementara di Indonesia, jika melihat laporan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sampai bulan September 2023, nilai transaksi aset kripto mencapai Rp94,41 triliun. Angka tersebut mencatatkan penurunan sebesar 69,18% dibandingkan 2022, dengan nilai transaksi aset sebesar Rp306,4 triliun.

Meski begitu, jumlah investornya di tanah air cenderung naik. Dikutip dari Databoks, Bappebti melaporkan, rata-rata penambahan jumlah pelanggan kripto hingga September 2023 adalah sebanyak 116.899 pelanggan. Dan secara tahunan, jumlahnya naik 7,2% dari 2022 yang sebanyak 16,7 juta investor kripto.

Seiring dengan popularitas yang terus meningkat, Upbit Indonesia melihat industri kripto telah menciptakan berbagai peluang karir yang menarik bagi individu yang tertarik dan ingin mendalami tentang teknologi blockchain. Apa saja bidang pekerjaan yang menjanjikan di dunia kripto pada tahun 2024 ini?

1. Blockchain Developer

Seiring perkembangan teknologi blockchain,profesi ini membutuhkan keterampilan teknis dan pemahaman mendalam tentang teknologi blockchain dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan aplikasi atau protokol yang berbasis blockchain.

2. Analis Data

Dengan jumlah data blockchain yang terus berkembang, terdapat peluang karir untuk menjadi analis data kripto. Kemampuan untuk menganalisis transaksi, tren pasar, dan perilaku pengguna dapat memberikan informasi berharga bagi perusahaan dan investor dalam membuat keputusan yang tepat.

3. Manajemen Risiko dan Kepatuhan

Peningkatan pengawasan terhadap industri kripto mendorong kebutuhan yang lebih besar untuk profesional yang dapat mengelola risiko dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan. Perusahaan kripto membutuhkan ahli yang memahami kerangka kerja regulasi global dan juga dapat mengembangkan strategi kepatuhan yang efektif.

4. Manajer Komunitas dan Pemasaran