Find Us On Social Media :

Pikachu’s Indonesia Journey: Pokemon Air Adventures Hadir di Tanah Air

By Cakrawala Gintings, Kamis, 18 Januari 2024 | 22:30 WIB

Pikachu’s Indonesia Journey yang berbasiskan Pokémon Air Adventures hadir di tanah air. Terlihat (ki-ka) Refael Siregar (Emerging Markets Head of APAC Niantic, Inc.), Axton Salim (Executive Director Salim Group), Susumu Fukunaga (Corporate Officer, Asia Business Division, The Pokémon Company), Restog Krisna Kusuma (Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kemenparekraf), Ade R. Susardi (Direktur Layanan dan Niaga PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk.), dan Haruka Nakagawa (Special MC) berfoto bersama usai pengumuman yang dilakukan The Pokémon Company dan mitranya perihal Pikachu’s Indonesia Journey itu di Jakarta belum lama ini.

Setelah sebelumnya hadir di sejumlah negara, Pokémon Air Adventures bisa dibilang datang pula ke tanah air pada tahun 2024 ini. Datang dengan sebutan khusus “Pikachu’s Indonesia Journey” karena hadir di beberapa daerah, hal itu diungkapkan The Pokémon Company dan para mitranya belum lama ini di Jakarta. Terdapat berbagai keseruan yang telah direncanakan untuk Pikachu’s Indonesia Journey yang diharapkan membantu orang-orang menemukan beragam daya tarik Indonesia, termasuk kehadiran Pikachu dengan pakaian berciri Indonesia. Pikachu’s Indonesia Journey pun akan menyelenggarakan event tertentu setidaknya di empat daerah di tanah air. Khusus Pokémon GO, pemain Pokémon GO antara lain bisa menangkap Pikachu berkemeja batik yang dimaksud pada waktu dan lokasi tertentu.

Pokémon Air Adventures dijelaskan sebagai proyek yang tercipta dari keinginan agar saat pembatasan perjalanan — karena pandemi COVID-19 — telah diringankan, orang-orang dapat kembali menikmati bepergian dengan bebas bersama dunia Pokémon serta agar mereka dapat menikmati kembali kesenangan dan keceriaan saat melakukan perjalanan. Adapun Pikachu’s Indonesia Journey disebutkan hadir untuk menghubungkan langit di tanah air menggunakan “Pikachu Jet GA” dan menghadirkan kenangan yang luar biasa bersama para Pokémon di berbagai tempat di Indonesia. The Pokémon Company dan para mitranya berharap Pikachu’s Indonesia Journey tidak hanya berdampak positif terhadap bisnis mereka, melainkan juga pariwisata Indonesia.

“Sejauh ini Pokémon Air Adventures ini sudah kami laksanakan di berbagai tempat seperti Singapore, Okinawa, Taipei, dan berbagai tempat lainnya. Dan kali ini kami bisa mewujudkannya di Indonesia dan juga dengan versi yang jauh berbeda dari yang sebelum-sebelumnya: Pikachu’s Indonesia Journey, di mana kita tidak hanya akan mengadakan di satu tempat, tetapi juga di empat kota lainnya [akan diselenggarakan di empat daerah]. Jadi dimulai dari Bali lalu kemudian ada di Surabaya, Yogyakarta, dan juga Jakarta, Pikachu akan mengelilingi berbagai tempat di Indonesia,” ujar Susumu Fukunaga (Corporate Officer, Asia Business Division, The Pokémon Company) via penerjemah.

“Seperti yang kalian sudah bisa lihat, kerja sama kami bersama dengan Garuda Indonesia di mana dengan Pikachu Jet GA1, tidak hanya dari teman-teman dari domestik, tapi juga turis-turis dari mancanegara semua bisa menikmati dan bersiar. Bersama juga dengan Pikachu, tidak hanya untuk teman-teman yang memang sudah tinggal di daerah tersebut, tetapi juga turis-turis dari mancanegara kami berharap bisa menikmati pesona dan keindahan Indonesia bersama-sama dengan Pikachu,” sebut Susumu Fukunaga lebih lanjut via penerjemah.

Salah satu keseruan yang disiapkan The Pokémon Company dan para mitranya untuk Pikachu’s Indonesia Journey adalah Pikachu Jet GA alias Garuda Indonesia Pikachu Jet. Pikachu Jet GA merupakan pesawat terbang Garuda Indonesia yang memiliki livery yang diklaim terinspirasi dari keindahan budaya, kultur, dan kekayaan alam Indonesia. Terdapat sepuluh jenis Pokémon secara total yang digambarkan pada kedua sisi badan pesawat terbang. Tema yang diambil adalah laut untuk sisi kiri dan hutan untuk sisi kanan. Di sisi kiri misalnya ada Horsea dan Squirtle serta di sisi kanan contohnya ada Aipom dan Oddish. Sesuai namanya, terdapat Pikachu pada kedua sisi.

Susumu Fukunaga (Corporate Officer, Asia Business Division, The Pokémon Company) menjelaskan mengenai aneka keseruan Pikachu’s Indonesia Journey seperti Pikachu Meet and Greet yang bisa menghadirkan Pikachu berkemeja batik pada pengumuman kehadiran Pikachu’s Indonesia Journey tersebut di tanah air.

Pikachu Jet GA, tepatnya Pikachu Jet GA1, akan mulai diterbangkan pada tanggal 23 Februari 2024 dengan tujuan Denpasar. Selain Pikachu Jet GA1, direncanakan pula Pikachu Jet GA2. Namun, sampai sekarang, livery dari Pikachu Jet GA2 belum diungkapkan secara gamblang. Sejauh ini lini Pikachu Jet GA yang diumumkan terdiri dari dua pesawat terbang, yakni Pikachu Jet GA1 dan Pikachu Jet GA2. Nantinya, Pikachu Jet GA1 akan diterbangkan ke hampir seluruh rute domestik Garuda Indonesia dan beberapa rute internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura, Hong Kong, dan Bangkok.

Adapun beberapa keseruan lain yang direncanakan bisa dibilang berpusat pada event besar resmi Pokémon di Bali yang akan digelar dari 2 sampai 3 Maret 2024. Namun, The Pokémon Company dan para mitranya memastikan bahwa event serupa nantinya akan digelar pula di setidaknya tiga kota lain di Indonesia, yakni Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Event di Bali yang dimaksud akan berpusat di kawasan Lapangan Puputan Niti Mandala, Denpasar atau yang dikenal juga dengan Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar; dan antara lain akan menghadirkan Pikachu Meet and Greet, Pikachu Splash Show, dan Pokémon Kids Carnival.

Pikachu Meet and Greet menghadirkan Pikachu sebagai penyambut tamu yang akan menyambut pengunjung yang datang. Tidak menutup kemungkinan terdapat Pikachu yang menggunakan kemeja batik. Pada Pikachu Splash Show akan ditembakkan air dari meriam air sehingga pengunjung bisa berbasah-basahan bersama sejumlah Pikachu. Pengunjung yang akan mengikuti Pikachu Splash Show sewajarnya membawa pakaian ganti. Sementara, Pokémon Kids Carnival membolehkan anak-anak untuk mencoba tantangan permainan sederhana Pokémon dan mendapatkan hadiah plus tempat penjualan merchandise Pokémon.