Find Us On Social Media :

Cincin Pintar Samsung Galaxy Ring Dapat Mengetahui Kondisi Kesehatan

By Adam Rizal, Sabtu, 20 Januari 2024 | 15:00 WIB

Samsung Galaxy Ring

Samsung telah menjual jam tangan pintar dan perangkat wearable selama beberapa waktu. Namun, pada akhir acara Unpacked yang memperkenalkan Galaxy S24, Samsung memamerkan produk wearable terbaru Samsung Galaxy Ring

Berbeda dengan jam tangan pintar yang sudah umum, Galaxy Ring memiliki bentuk cincin. Meskipun cincin pintar bukanlah konsep baru, namun belum sepopuler jam tangan pintar. Contoh cincin pintar seperti Oura, yang digemari oleh selebriti seperti Kim Kardashian, dan cincin pintar Evie dari Movano yang didesain dengan fokus pada kesehatan wanita.

Berdasarkan informasi yang tersedia, Samsung Galaxy Ring menjadi bagian dari strategi Samsung untuk membentuk jaringan perangkat yang dapat menyediakan informasi untuk aplikasi Samsung Health, memberikan gambaran komprehensif tentang kebiasaan pengguna.

Meskipun pada pandangan pertama, Galaxy Ring terlihat seperti perhiasan biasa, namun terdapat sensor kecil dan komponen elektronik di dalamnya. Matthew Wiggins, dari Digital Health Samsung Research, menyatakan bahwa Galaxy Ring merupakan cincin pintar yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang umumnya ditemukan di aplikasi Samsung Health.

"Inilah Galaxy Ring, perangkat yang kami ciptakan untuk meningkatkan kualitas hidup dan sebagai alat untuk mengakses berbagai fitur kesehatan khas Samsung di masa mendatang," ujar Wiggins.

Meskipun masih banyak informasi yang belum diketahui, seperti tanggal peluncuran, harga, jenis sensor, dan metrik kesehatan yang akan dipantau, Galaxy Ring diharapkan menjadi sarana baru bagi Samsung dalam menjalankan strategi kesehatannya. 

Dengan bentuk lingkaran dan warna hitam, sebagai perangkat pintar yang dapat dikenakan, kemungkinan besar mampu melacak berbagai metrik kesehatan seperti umumnya pada perangkat wearable. Karena tidak memiliki layar, diharapkan masa pakai baterainya akan lebih baik dibandingkan dengan jam tangan pintar.

Baca Juga: Shimano Pakai AI Bikin Suspensi Sepeda, Bisa Beradaptasi Segala Medan

Baca Juga: Samsung Galaxy S24 Series Adopsi AI Google Gemini, Ini Keunggulannya