Find Us On Social Media :

Apple Bakal Luncurkan MacBook Air dan iPad Air Terbaru Maret 2024

By Adam Rizal, Selasa, 23 Januari 2024 | 13:00 WIB

Apple MacBook Air M2

Apple akan meluncurkan iPad Air, iPad Pro, dan MacBook Air terbaru pada musim semi ini atau sekitar Maret atau April. Jurnalis teknologi kawakan Bloomberg Mark Gurman membocorkan sedikit spesifikasi iPad Air terbaru. Layarnya akan berukuran 10,9 inci dan 12,9 inci serta mengusung chip M2 Apple, kamera belakang yang diredesain, dukungan Wi-Fi 6E, dan Bluetooth 5.3. 

Tentunya, kehadiran chipset M2 akan membuat performa iPad Air terbaru yang powerful setara denga MacBook Air yang sudah terlebih dahulu menggunakan chipset M2. iPad Air yang saat ini beredar di pasaran merupakan iPad Air generasi kelima dengan chip M1 rilisan Maret 2022.

Kemudian, Apple akan meluncurkan iPad Pro yang berukuran layar OLED 11 inci dan 13 inci sekaligus menjadi iPad pertama yang mengadopsi OLED  dengan peningkatan kecerahan,  kontras dan lebih irit baterai. 

Peralihan layar iPad Pro ke OLED memungkinkan kecepatan refresh turun lebih jauh hingga 10Hz atau lebih rendah untuk menghemat masa pakai baterai. Sebagai perbandingan, model iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro dapat mencapai frekuensi serendah 1 Hz saat berada dalam mode tampilan selalu aktif.

Hebatnya, Apple akan menyematkan iPad Pro dengan chip M3 terbaru, pengisian daya nirkabel MagSafe, dan Magic Keyboard dengan trackpad lebih besar. Selain itu, MacBook Air terbaru akan mengadopsi chip M3 dengan ukuran 13 inci dan 15 inci. Sebelumnya, Apple telah memperbarui MacBook Pro 14 inci, MacBook Pro 16 inci, dan iMac 24 inci dengan chip M3 tahun lalu.

Meskipun tidak ada perkiraan perubahan besar dalam desain, MacBook Air kemungkinan akan mendukung Wi-Fi 6E. Apple akan fokus pada konferensi pengembang WWDC setelah peluncuran perangkat-perangkat ini pada Juni 2024 seperti dikutip Mac Rumors. Apple terakhir kali memperbarui MacBook Air 13 inci pada Juli 2022, sedangkan MacBook Air 15 inci pertama dirilis pada Juni 2023.

Baca Juga: Keuntungan Coursera Meningkat Sejak Buka Kelas Pelatihan AI

 Baca Juga: TikTok Kembangkan Fitur AI yang Dapat Ciptakan Lagu Sendiri