Find Us On Social Media :

Microchip: Berfokus pada Pertumbuhan Jangka Panjang yang Berkelanjutan

By Cakrawala Gintings, Rabu, 24 Januari 2024 | 19:00 WIB

[Redaksi]: Microchip Technology Inc. menyampaikan pencapaiannya pada tahun 2023 lalu dan membagikan strateginya untuk tahun 2024 ini. Berikut adalah petikan wawancara Ganesh Moorthy (President dan Chief Executive Officer Microchip Technology) yang dilakukan Microchip.

Tanya:

Tolong ceritakan tentang perkembangan/pencapaian Microchip secara keseluruhan pada tahun 2023. Bidang apa yang menurut Anda mengalami pertumbuhan signifikan dan bagaimana bidang tersebut selaras dengan tujuan strategis perusahaan?

Jawab:

Tahun 2023 ditandai dengan momentum awal bisnis dan ketidakstabilan ekonomi makro. Terlepas dari perbedaan dinamika tersebut, kami menavigasi tantangan itu secara efektif melalui serangkaian strategi untuk meningkatkan stabilitas, ketahanan dan pertumbuhan jangka panjang.

Respons strategis kami terhadap berkurangnya visibilitas permintaan mencakup memberi bantuan kepada pelanggan dalam memitigasi risiko inventaris sembari mengidentifikasi hasil yang saling menguntungkan, serta mengurangi waktu tunggu untuk sebagian besar produk dari 52 minggu menjadi kurang dari delapan minggu.

Kemampuan Microchip dalam menghasilkan pemasukan menegaskan efektivitas strategi kami. Pada bulan November, kami mengumumkan pembayaran dividen triwulanan yang ke-85 berturut-turut, yang menandai kenaikan ke-79 sejak awal berdirinya perusahaan kami. Selama tahun kalender 2023, kami mengembalikan sekitar US$1,7 miliar dalam bentuk dividen dan pembelian kembali saham kepada pemegang saham kami.

Sementara itu, fokus strategis kami pada solusi sistem total dalam megatren pasar utama (infrastruktur 5G, IoT, pusat data, e-Mobility, keberlanjutan, dan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS)) terus mendorong jaringan design win yang sehat, dan kami memasuki tahun 2024 dengan posisi pertumbuhan jangka panjang seiring membaiknya kondisi ekonomi makro.

Tanya:

Menyambut tahun 2024, segmen pasar spesifik manakah yang menurut Anda memiliki potensi pertumbuhan yang kuat? Di mana Anda akan berencana menginvestasikan lebih banyak dalam penelitian dan pengembangan untuk memastikan kemajuan teknologi serta mengamankan posisi terdepan di pasar?

Jawab:

Selain karena tantangan ekonomi makro saat ini, kami tetap teguh pada keyakinan bahwa semikonduktor adalah mesin inovasi yang terus mendorong masyarakat menuju kualitas hidup yang lebih kaya. Portofolio produk kami yang beragam berperan sebagai batu loncatan untuk inovasi aplikasi, mulai dari solusi kedirgantaraan dan pertahanan hingga pusat data, mobil, alat kesehatan, peralatan industri, dan infrastruktur komunikasi.

Kami mengembangkan jalur design win pada seluruh aplikasi ini melalui fokus kami pada solusi sistem total yang mampu menjawab tantangan pelanggan di bidang megatren utama. Kami yakin strategi ini memungkinkan kami untuk berperforma dengan baik pada masing-masing pasar tersebut.

Tanya:

Microchip secara konsisten menyediakan sistem mitra pemasok yang dapat diandalkan. Pada tahun 2024, yang merupakan tahun dengan ketidakpastian perkiraan permintaan, apa pendapat Anda tentang hubungan pasokan berbasis kepercayaan antara Microchip dan pelanggannya? Bagaimana Anda merencanakan kerja sama dengan pelanggan untuk memastikan situasi yang sama-sama menguntungkan dalam rantai pasokan?

Jawab:

Pada masa yang penuh dengan tantangan ini, kami yakin mempertahankan waktu tunggu yang singkat adalah strategi yang paling efektif. Hal ini akan memberikan kami dan pelanggan kami kelincahan dan efisiensi yang lebih besar saat berada di lingkungan yang tidak dapat diperkirakan.

Pada saat yang sama, kami juga mengupayakan keseimbangan inventaris optimal yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi juga memungkinkan kami untuk mencapai pertumbuhan yang kuat dan berjangka panjang saat lingkungan ekonomi makro membaik.

Tanya:

Di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian dan industri global, apa rencana dan strategi Microchip untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan dan kestabilan bisnis?

Jawab:

Seperti yang telah kami lakukan dengan semua siklus industri semikonduktor, kami berencana untuk menghadapi periode ketidakpastian ini dengan strategi yang telah terbukti, yaitu berfokus pada pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan sembari menyesuaikan kecepatan dan daya tanggap kami untuk menerapkan modifikasi jangka pendek yang diperlukan.

Strategi inilah yang akan memberikan Microchip stabilitas dan ketahanan, yang berakar kuat pada nilai-nilai kami yang dilandasi oleh budaya, sumber daya manusia, dan kepemimpinan kami yang sudah teruji.

Fokus strategis kami pada solusi sistem total juga merupakan penyumbang utama terhadap pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang Microchip. Hal ini mendorong jaringan design win yang memosisikan kami dengan baik di pasar yang kami layani serta memungkinkan investasi yang konsisten dalam pengembangan dan pemberdayaan karyawan agar dapat mempertahankan anggota tim kami yang sangat berharga, terlepas dari siklus bisnis yang penuh dengan tantangan.

Memasuki tahun 2024, optimisme saya teguh karena model bisnis kami yang telah terbukti dan kuat serta kepercayaan penuh pada tim kepemimpinan kami. Kegigihan tim global kami memungkinkan kami untuk menavigasi siklus bisnis secara efektif sembari terus memperkuat kemitraan, menyesuaikan arah sesuai kebutuhan, dan meningkatkan nilai pemegang saham secara konsisten.