Find Us On Social Media :

Sepuluh Peluang Karier Teratas di Bidang Cloud Computing, Apa Saja?

By Rafki Fachrizal, Jumat, 26 Januari 2024 | 11:45 WIB

Ilustrasi Karier di Bidang Cloud Computing.

Adopsi teknologi cloud computing (komputasi awan) oleh perusahaan atau organisasi di berbagai sektor industri terus meningkat.

Laporan Allied Market Research mengungkapkan bahwa pasar layanan cloud global mencapai US$551,8 miliar pada 2021, dan diperkirakan akan mencapai US$2,5 triliun pada 2031 dengan pertumbuhan tahunan sebesar 16,6 persen.

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang bermigrasi ke cloud, permintaan akan tenaga profesional yang terampil di bidang ini juga semakin meningkat.

Jika Anda tertarik berkarier di bidang cloud computing, inilah sepuluh peluang karier teratas di bidang tersebut pada tahun 2024 ini, sebagaimana dikutip dari Analytics Insight.

1. Cloud Solutions Architect

Profesi ini bertugas merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud, memastikan solusi tersebut selaras dengan tujuan bisnis dan praktik terbaik industri.

Dengan fokus pada skalabilitas, keamanan siber, dan efisiensi biaya, profesi ini sangat penting dalam memandu perusahaan melalui perjalanan cloud mereka.

2. Cloud Security Engineer

Keamanan siber merupakan prioritas utama perusahaan yang mengadopsi cloud. Cloud Security Engineer berspesialisasi dalam melindungi lingkungan cloud di perusahaan.

Profesi ini merancang dan menerapkan langkah-langkah keamanan siber, melakukan penilaian risiko, dan terus mengikuti perkembangan ancaman siber untuk melindungi data sensitif perusahaan di cloud.

3. Cloud DevOps Engineer

Cloud DevOps Engineer menggabungkan pengembangan dan operasi, mengotomatiskan proses untuk integrasi dan penerapan berkelanjutan di cloud.

Keahlian mereka memastikan kolaborasi yang lancar antara tim pengembangan dan operasi TI, meningkatkan efisiensi dan mengurangi siklus penerapan.