Find Us On Social Media :

Startup Kesehatan Fita Klaim Untung Puluhan Miliar Rupiah pada 2023

By Rafki Fachrizal, Jumat, 26 Januari 2024 | 19:15 WIB

Ilustrasi Pengguna Aplikasi Fita.

Sepanjang 2023, industri digital dihadapkan pada tantangan yang kompleks, termasuk bagi sektor health tech.

Namun demikian, startup Fita yang mengembangkan aplikasi preventive health, mengeklaim berhasil mencatatkan kinerja positif di 2023 dengan pertumbuhan pendapatan mencapai puluhan miliar rupiah atau tumbuh hampir tujuh kali lipat dibandingkan tahun 2022.

Menurut perusahaan, selain didukung oleh strategi bisnis yang solid, pertumbuhan tersebut juga didorong oleh tren akan gaya hidup masyarakat yang meningkat pasca pandemi.

Berkaca pada kinerja signifikan di 2023, di 2024 ini Fita optimis mampu bukukan pertumbuhan positif dengan fokus pada perluasan layanan gaya hidup sehat secara multichannel, tidak hanya melalui kanal digital namun juga offline.

Reynazran Royono, CEO Fita mengatakan, “Pencapaian ini menunjukkan bahwa Fita terbukti bisa menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar di tengah kondisi industri health tech yang berkembang sangat dinamis. Di samping itu, kami juga melihat permintaan masyarakat akan layanan dan produk pendukung gaya hidup sehat terus berkembang konsisten pasca pandemi di mana layanan yang diberikan juga harus lebih multichannel.”

Kinerja positif Fita sepanjang 2023, menurut Reynazran, didorong oleh berbagai produk unggulan Fita, termasuk program offline seperti keanggotaan gym dan kelas olahraga, fitur digital Exercise Plan dan Meal Plan, serta program-program kesehatan untuk penurunan berat badan, peningkatan imunitas, kesehatan wanita, dan program lainnya.

Selain itu, kinerja positif juga disumbang dari hasil integrasi aset komersial Telkomsel dengan produk Fita, yaitu melalui program bundling dengan Halo+ dan ComboFit.

Program ini memberikan nilai tambah signifikan dengan memungkinkan pelanggan membeli paket internet sambil menikmati fitur-fitur Premium Aplikasi Fita.

Sementara integrasi dengan rekomendasi paket asuransi mencerminkan upaya Fita dalam menyediakan solusi kesehatan holistik yang mencakup berbagai aspek kebugaran fisik, kesehatan mental, dan perlindungan finansial.

Saat ini, aplikasi Fita telah diunduh oleh lebih dari tiga juta pelanggan, dengan dukungan dari lebih dari 200 coach bersertifikat, menyajikan lebih dari 1.000 konten tutorial olahraga, dan menawarkan lebih dari 400 resep makanan sehat.

Untuk penggunanya sendiri, perusahaan mengeklaim bahwa jumlah pengguna aplikasinya sudah meningkat lima kali kali lipat dari tahun 2021.

Sebagai bagian dari strategi 2024, Fita fokus untuk terus berinovasi dalam layanan, dengan tujuan mencapai misi membantu masyarakat Indonesia hidup lebih sehat.

Tahun 2024 juga akan menjadi fokus utama Fita untuk mengoptimalkan aset dan kapabilitas Telkomsel sebagai langkah strategis, mempermudah pelanggan, dan merilis lebih banyak produk kesehatan yang dapat dipersonalisasi.