Find Us On Social Media :

Lenovo Ungkap Teknologi yang Dipakai Tim MotoGP Ducati Corse Tahun Ini

By Liana Threestayanti, Jumat, 26 Januari 2024 | 18:24 WIB

Mendukung Tim Ducati Lenovo, Lenovo menguraikan jajaran teknologi yang akan digunakan di musim kompetisi MotoGPT tahun ini.

Mendukung Tim Ducati Lenovo, di acara "Champions on the track" Ducati Corse di Madonna di Campiglio, Italia, Lenovo menguraikan jajaran teknologi yang akan digunakan di musim kompetisi MotoGPT tahun ini.

Lenovo telah menjadi mitra teknologi Ducati Corse sejak tahun 2018 dengan menyediakan teknologi paling mutakhir untuk mengubah data menjadi wawasan yang dapat ditindaklanjuti, menjalankan simulasi yang rumit, dan membuat keputusan strategis dalam hitungan detik.

"Kami sangat senang dapat memulai MotoGP Championship yang baru dengan Ducati Corse, membangun musim 2023 yang sukses yang memamerkan kemajuan dalam teknologi dan kinerja di lintasan, yang berpuncak dengan Francesco Bagnaia berhasil meraih gelar World Championship MotoGP Rider selama dua tahun berturut-turut," ujar Luca Rossi, President Intelligent Devices Group Lenovo.

Rossi menjelaskan bahwa teknologi dan layanan inovatif dari Lenovo digunakan untuk meningkatkan standar performa tinggi tim Ducati Corse yang tidak hanya demi meraih gelar juara tapi juga membuat kemajuan teknis di lintasan balap yang pada akhirnya dapat diakses semua orang. “Misalnya dalam portofolio street bike Ducati,” ujarnya.

HCI untuk Tingkatkan Kemampuan Analisis Data 

Di ranah MotoGP yang sarat teknologi, kemampuan untuk memahami data dan menggunakannya untuk pengambilan keputusan strategis menjadi lebih penting dari sebelumnya. Setiap akhir pekan balapan, Ducati Corse mengumpulkan total 100GB data dari delapan motor Ducati Desmosedici GP yang berpacu di lintasan. Setia motor ini dilengkapi sekitar 50 sensor.

Untuk lebih meningkatkan analisis data di lintasan balap, di musim 2024 ini, Lenovo ThinkAgile hyperconverged infrastructure (HCI) akan hadir di garasi Ducati Lenovo Team. Dengan server edge Lenovo ThinkSystem SE350, platform ini akan membantu Tim dengan cepat menganalisis data dalam jumlah besar, sekaligus mendorong mobilitas dan keandalan, bahkan di lingkungan yang keras.  

Infrastruktur ini telah dioptimalkan dengan artificial intelligence (AI) sehingga dapat mendukung tool deep learning dan machine learning Ducati. AI dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja, keandalan dan keamanan motor Ducati, serta untuk menganalisis data yang bersumber dari sensor motor dan lintasan, serta membandingkannya dengan sensasi pengendara.

Ducati Corse juga memanfaatkan Ducati Lenovo Remote Garage, yang memungkinkan para insinyur yang berbasis di Borgo Panigale (Bologna) menerima data secara real time dari garasi, melakukan analisis yang rumit, dan berkolaborasi dengan tim di lapangan untuk mengoptimalkan pengaturan motor sebelum kembali ke lintasan. 

Untuk lebih meningkatkan produktivitas dan kolaborasi jarak jauh, Ducati Lenovo Remote Garage room di kantor pusat Ducati telah direnovasi sepenuhnya dengan berbagai perangkat keras Lenovo, termasuk monitor, workstation, dan aksesori. 

HPC untuk Tingkatkan Performa di Lintasan Balap

Tim yang berbasis di kantor pusat Ducati juga bertanggung jawab atas simulasi aerodinamika dan dinamika fluida, yang didukung oleh teknologi High Performance Computing (HPC) Lenovo, yang ditopang oleh server Lenovo ThinkSystem SD530, SR630, dan SR650.