Find Us On Social Media :

1datapipe Sediakan Solusi Analisis Inklusi Keuangan Berbasis AI

By Liana Threestayanti, Senin, 29 Januari 2024 | 19:27 WIB

Perusahaan teknologi data global, 1datapipe menghadirkan solusi analisis inklusi keuangan berbasis artificial intelligence (AI) dengan sumber data alternatif. (Ilustrasi Inklusi keuangan)

Perusahaan teknologi data global, 1datapipe menghadirkan solusi analisis inklusi keuangan berbasis artificial intelligence (AI) dengan sumber data alternatif.

Memanfaatkan model artificial intelligence (AI), 1datapipe menyediakan analisis inklusi keuangan secara mendalam melalui 99% populasi orang dewasa di seluruh dunia.

Solusi ini mengintegrasikan data alternatif dan analitik AI dalam menghasilkan skor yang paling akurat untuk inklusi keuangan.

Memiliki keberagaman penduduk dan lanskap ekonomi yang dinamis, Indonesia siap untuk mengambil langkah besar dalam inklusi keuangan. Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022, indeks literasi keuangan Indonesia meningkat dari 38,03 persen pada 2019 menjadi 49,68 persen di 2022. 

Inklusi keuangan juga meningkat dari 76,19 persen di tahun 2019 menjadi 85,10 persen pada 2022. Peningkatan ini secara efektif mengurangi kesenjangan antara literasi dan inklusi keuangan menjadi 35,42 persen dari 38,16 persen di tahun 2019.

"Di 1datapipe, kami sangat percaya pada kekuatan transformatif dari solusi inovatif dalam merevolusi ekosistem keuangan. Dengan memanfaatkan model AI, 1datapipe dapat menilai status masyarakat yang belum terlayani, perilaku pembayaran yang positif, data dari penilaian risiko penipuan, dan kredit untuk menyajikan analisis inklusi keuangan yang mendalam bagi 99% dari populasi orang dewasa di seluruh dunia dan memberikan penilaian yang komprehensif terhadap inklusi keuangan di Asia Tenggara," ujar Carey Anderson, CEO dan Pendiri 1datapipe.

Membangun Nilai untuk Masa Depan

Dalam lanskap di mana model penilaian kredit tradisional belum memadai, 1datapipe menyadari  pentingnya penilaian kelayakan kredit yang akurat dalam mempromosikan inklusi keuangan yang aman. Melalui pemanfaatan sumber data alternatif dan analitik AI yang canggih, 1datapipe memastikan evaluasi komprehensif dengan melampaui metrik tradisional, serta memungkinkan pemahaman yang lebih tepat tentang profil keuangan individu.

Pendekatan inovatif ini memungkinkan 1datapipe untuk mengidentifikasi profil yang kurang terlayani tanpa indikasi penipuan dan secara konsisten menunjukkan perilaku pembayaran yang dapat dipercaya dan diandalkan. Selain itu, pendekatan ini memberdayakan lembaga keuangan untuk mendapatkan penilaian lanskap keuangan yang lebih tepat dan menyeluruh dibandingkan dengan metode tradisional.

Untuk menilai inklusi keuangan secara menyeluruh, 1datapipe, yang didukung oleh Provenir AI, sebuah platform pengambilan keputusan risiko kredit, menangkap dan menganalisa keuangan nasabah melalui lima skor penilaian yang komprehensif dengan menggunakan kecerdasan buatan yang canggih. Lima skor inklusi tersebut adalah:

1.    Skor Keamanan Identitas dan Tindak Penipuan

2.    Skor Stabilitas Pendapatan