Find Us On Social Media :

Blibli Manfaatkan Teknologi AI untuk Mudahkan Konsumen Retur Barang

By Rafki Fachrizal, Senin, 29 Januari 2024 | 18:30 WIB

Ilustrasi Blibli.com

Saat ini, banyak perusahaan yang mengadopsi teknologi AI (artificial intelligence) dan ML (machine learning) untuk tujuan efisiensi dan peningkatan layanan bisnis.

Blibli merupakan salah satu perusahaan e-commerce yang telah memanfaatkan teknologi AI dan ML di berbagai proses bisnisnya.

Terbaru, Blibli telah menerapkan teknologi AI dan ML pada proses retur barang secara instan.

Menurut perusahaan, penerapan kedua teknologi itu demi menjaga kepuasan pelanggan di fase purnajual.

Pada fase purnajual, para konsumen kerap bingung dengan mekanisme pengembalian barang yang benar, aman dan nyaman, serta kesulitan mencari informasi tentang hal tersebut.

Padahal berdasarkan survei Statista rilisan Juni 2023 lalu, kemudahan pengembalian barang menjadi satu pertimbangan utama masyarakat Indonesia dalam memilih platform e-commerce.

Oleh karena itu, pada fase purnajual, Blibli menerapkan teknologi AI dan ML yang ditandai dengan hadirnya Solusi Retur Instan melalui website maupun aplikasi Blibli.

“Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Dengan Solusi Retur Instan ini, pelanggan Blibli akan dimudahkan saat melakukan pengembalian barang sesuai ketentuan,” jelas Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli.

“Cukup mengikuti panduan pada form yang muncul di aplikasi dan website Blibli, termasuk wajib melampirkan foto produk, maka teknologi AI Damage Product Detection akan melakukan pengecekan otomatis terkait kondisi barang yang ingin dikembalikan. Selanjutnya AI Auto Solution Recommendation akan menggunakan data hasil pengecekan tersebut beserta data riwayat belanja pelanggan dan ketentuan retur produk untuk memberikan solusi,” lanjut Azizah.

Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang ini dapat ditemukan pelanggan Blibli pada tahap pasca pembelian atau setelah transaksi selesai.

Jika terdapat ketidaksesuaian pada barang yang diterima, dan ingin melakukan pengembalian, pelanggan Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri.

Pertama, pilih dan foto barang yang ingin dikembalikan. Kedua, lengkapi dan kirim formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau proses berjalan. Bila diperlukan informasi lebih lanjut, pelanggan akan dihubungi oleh Blibli Care Agent.

Pada proses ini, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis melalui foto yang dilampirkan pelanggan, dan langsung memberikan rekomendasi solusi.