Find Us On Social Media :

Gelar Samsung Innovation Campus Batch 5, Samsung Tambahkan AI Course

By Liana Threestayanti, Rabu, 31 Januari 2024 | 13:45 WIB

Untuk menyiapkan talenta dengan kompetensi di bidang A) dan IoT, Samsung melanjutkan program SIC yang kini memasuki batch 5. (ilustrasi inovasi)

Untuk menyiapkan talenta dengan kompetensi di bidang artificial intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), Samsung melanjutkan program Samsung Innovation Campus (SIC) yang kini memasuki batch 5.

SIC merupakan program pelatihan formal bagi anak-anak muda yang ingin mengembangkan pengetahuan digital khususnya di bidang AI, IoT, dan Coding & Programming. Program ini juga mencakup pelatihan soft skill dan career development. Di akhir program, para peserta akan membuat prototipe produk teknologi yang menjawab permasalahan sehari-hari di sekitar mereka.

Menurut Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono, berkembangnya teknologi AI saat ini membuat kebutuhan talenta digital yang memiliki keterampilan AI meningkat signifikan saat ini. 

"AI telah memungkinkan industri menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan. Melalui Samsung Innovation Campus, kami mempersiapkan talenta-talenta muda Indonesia  dengan keterampilan AI, agar mereka memiliki daya saing tinggi di tengah kebutuhan yang ada. Program ini juga akan membekali guru-guru dan dosen dengan kemahiran TIK untuk mengembangkan proses belajar mengajar yang lebih berkualitas," kata Ennita.

Sebagai informasi, sebanyak 75% orang Indonesia sangat antusias terhadap pemanfaatan produk dan layanan berbasis AI karena dianggap dapat mempercepat tugas dan pekerjaan. AI juga akan memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB. Laporan menyatakan kontribusi AI terhadap PDB akan mencapai US$366 miliar pada tahun 2030.

Perluas Jangkauan, Libatkan Mahasiswa

Saat ini SIC Batch 5 2023/2024 telah memasuki fase pendaftaran sampai 31 Januari 2024 untuk siswa SMA/MA sederajat dan Mahasiswa (D3-S1) aktif. Namun karena tahun ini untuk pertama kalinya Mahasiswa dilibatkan, maka Samsung memberikan tambahan waktu pendaftaran hingga 11 Februari 2024. Pendaftaran dapat dilakukan di tautan ini.  

Pendaftaran ini terbuka bagi pelajar SMK binaan program STI Samsung di kelas 10-11 (3 tahun akademik) dan kelas 11-12 (4 tahun akademik); siswa SMA dan MA sederajat di kelas 10 dan 11; serta untuk pertama kalinya dibuka juga untuk mahasiswa D3/S1 yang masih aktif dari berbagai universitas dan politeknik di seluruh Indonesia. 

Khusus untuk mahasiswa, kurikulum SIC ini dapat dikonversi menjadi jam kuliah yang difasilitasi oleh Kemendikbud melalui program Kampus Merdeka. Proses konversi ini dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dan melalui persetujuan kampus. 

Setiap tim terdiri dari 4 anggota dari sekolah yang sama. Untuk kategori SMA (setara) wajib didampingi satu guru yang ditunjuk dari sekolah. Tiap sekolah boleh mendaftarkan lebih dari 1 kelompok dan satu guru maksimal mendampingi maksimal 12 siswa (3 kelompok). Seluruh peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian program SIC Batch 5 yang akan digelar selama 6 bulan, mulai dari Februari hingga Juli 2024. 

Tambahan AI Course dan Pelatihan Soft Skill

Di SIC Batch 5 ini, Samsung memberikan pelatihan baru yang belum pernah dilakukan pada batch sebelumnya, yaitu AI Course. Kursus AI ini terdiri dari data science & AI, probability & statistic, machine learning, dan deep learning.