Find Us On Social Media :

Lima Rekomendasi Perlengkapan Berkendara di Musim Hujan ala Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Minggu, 4 Februari 2024 | 08:45 WIB

Ilustrasi Tokopedia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa puncak musim hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia terjadi di Januari-Februari 2024. Hal ini tentu menjadi perhatian bagi para pengendara, baik mobil maupun motor.

Berkendara di musim hujan memiliki tantangan tersendiri. Selain kondisi jalan yang licin, hujan juga bisa menyebabkan visibilitas menjadi terbatas, sehingga penting bagi pengemudi untuk memastikan kendaraannya selalu dalam kondisi prima agar dapat berkendara saat musim hujan dengan lebih aman.

Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra, mengatakan, “Tokopedia selalu berupaya mempermudah masyarakat untuk dapat menemukan segala kebutuhan sehari-hari termasuk produk otomotif, diantaranya aksesori kendaraan mobil dan motor, lewat kampanye Tokopedia Garage.”

“Kehadiran kampanye Tokopedia Garage, di sisi lain, turut menciptakan tren belanja online tersendiri untuk kategori Otomotif. Produk body motor, produk wax dan pembersih kendaraan, lampu motor, lampu mobil hingga radiator dan komponen mobil merupakan beberapa produk yang paling laris di kategori Otomotif pada 2023 (periode data Januari-September 2023),” kata Fransiscus. 

Lebih lanjut, Tokopedia melalui Fransiscus pun membagikan lima rekomendasi aksesori kendaraan mobil dan motor yang bermanfaat dan membuat berkendara saat musim hujan lebih aman dan nyaman.

1. Helm sesuai SNI dan siapkan ban cadangan

Aksesori keselamatan seperti helm dengan standar sesuai SNI wajib dimiliki pengendara motor.

Aksesori keselamatan ini dapat membantu tetap aman di jalan raya, bahkan saat kondisi hujan yang deras.

Masyarakat dapat memiliki helm SNI dari berbagai dari brand lokal di Tokopedia, contohnya Cargloss.

Bagi pengendara mobil, ban cadangan wajib disediakan dalam bagasi sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran. Pastikan tekanan angin ban mobil dalam kondisi ideal sebelum mengemudi.

“Selama bulan Januari 2024 saat musim hujan, nilai transaksi produk helm di Tokopedia naik hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan penjualan di hari biasa di luar musim hujan,” kata Fransiscus.*

2. Kain lap microfiber dan wiper

Selain bermanfaat untuk menjaga keselamatan, kain lap dan wiper menjadi dua aksesori penting untuk menjaga kebersihan kendaraan.