Find Us On Social Media :

Pemilu, iCIO Community Ungkap Dampak Transisi Politik pada Strategi TI

By Liana Threestayanti, Selasa, 6 Februari 2024 | 21:17 WIB

Sebanyak 79% IT leader Indonesia percaya, transisi politik sedikit saja dampaknya terhadap anggaran dan strategi TI, menurut iCIO Community.

Lebih dari tiga perempat IT leader di Indonesia percaya, transisi kepemimpinan politik sedikit saja dampaknya terhadap anggaran dan strategi TI pasca pemilu, menurut hasil riset terbaru iCIO Community

Meski begitu, sebanyak 46% pemimpin TI yang disurvei menyatakan akan mengantisipasi perubahan regulasi yang mungkin terjadi terhadap strategi TI mereka.

Temuan ini menjadi penting mengingat transisi poltik bukan hanya tentang perubahan kekuasaan, tetapi juga berpotensi menjadi momen untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, termasuk dalam ranah Teknologi Informasi (TI). 

Menurut iCIO, peran pemimpin TI menjadi semakin penting di tengah dinamika ekonomi menjelang pemilu. Analisis mendalam tentang dampak transisi ini menjadi hal yang krusial bagi para pemimpin TI. 

Menurut riset terbaru iCIO Community, mayoritas pemimpin TI memandang perubahan politik sebagai momentum untuk meneguhkan visi teknologi mereka. 

"Perubahan politik adalah kesempatan bagi para pemimpin TI untuk menunjukkan ketangguhan dan adaptabilitas mereka dalam mengelola strategi teknologi," ujar Muhammad Suhada, Koordinator Divisi Research, iCIO Community. 

Menurutnya, kemampuan mempertahankan visi jangka panjang sambil merespons tantangan yang mendesak menjadi bukti komitmen para pemimpin TI untuk menghadirkan inovasi bagi organisasi.

Riset Prospect and Priorities: Implications for IT Budget & Strategies in the Post-Election Era yang dilakukan iCIO Community dan di dukung oleh CTI Group telah dilakukan sejak bulan Desember 2023 – hingga Januari 2024 lalu secara online. 

Riset ini melibatkan para anggota iCIO Community yang merupakan pemimpin TI dari 50 lebih perusahaan terkemuka di Indonesia. Mayoritas merupakan industri yang bergerak di bidang perbankan, jasa keuangan, layanan kesehatan, teknologi dan informasi serta lainnya. 

Riset ini mengungkapkan pandangan mendalam tentang bagaimana perubahan politik memengaruhi visi teknologi organisasi, strategi anggaran TI, serta tantangan utama yang dihadapi dalam penerapan teknologi oleh pemimpin TI. 

Inilah temuan-temuan dari riset iCIO.

1. Visi teknologi