Find Us On Social Media :

Tiga Belas Negara Paling Maju di Dunia di Bidang Teknologi Komputer

By Liana Threestayanti, Minggu, 11 Februari 2024 | 15:30 WIB

Menurut data terbaru Insider Monkey, ada tiga belas negara yang dikategorikan sebagai negara paling maju di bidang teknologi komputer.

Menurut data terbaru Insider Monkey, ada tiga belas negara yang dikategorikan sebagai negara paling maju di bidang teknologi komputer.

Teknologi komputer saat ini menjadi bagian penting dalam aktivitas sehari-hari maupun bagi operasi bisnis. Kemajuan teknologi ini saat ini memungkinkan kita melakukan hal-hal seperti berbelanja online, transaksi perbankan, berkomunikasi dan sebagainya.

Sementara itu, teknologi komputasi juga mengubah wajah berbagai sektor, seperti keuangan, pendidikan, dan keuangan. Dengan teknologi komputer, para analis keuangan dapat menganalisis data yang sangat besar dan tren pasar dengan lebih akurat serta membuat keputusan yang lebih tepat. 

Di bidang pendidikan, para siswa dapat mengakses berbagai bahan pelajaran dari mana saja bahkan kapan saja dengan bantuan komputer. Dan dengan komputer, penyedia layanan kesehatan dapat mendiagnosis penyakit dengan lebih akurat dan efisien. 

Dalam membuat daftar negara paling maju di bidang teknologi komputer, Insider Monkey menggunakan data dari database paten milik OECD untuk memilah negara teratas dalam teknologi komputasi dan membuat peringkat berdasarkan jumlah paten teknologi komputer antara tahun 2000-2020. Paten-paten ini berada di bawah kategori filing Computing Technologi dari WIPO.

Inilah tiga belas negara yang paling maju di bidang teknologi komputer:

1. Jepang

Jumlah paten teknologi komputer antara 2000-2020: 103.658

Memuncaki daftar Insider Monkey adalah Jepang, negara kepulauan di Asia dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia dengan PDB sebesar US$4,4 miliar. Menurut laporan Data Pandas, Jepang memiliki Skor 80, yang berarti negara tersebut memiliki ekonomi digital yang kuat, pendanaan besar untuk modal ventura, infrastruktur teknologi yang sangat maju, dan kekayaan intelektual yang kuat.

Dalam hal industri teknologi komputer, Jepang memegang 10% pangsa pasar global, dengan raksasa teknologi seperti Hitachi Ltd., Toshiba Corporation, dan Kyocera Corporation menjadi pemimpin di tingkat nasional dan internasional. Antara tahun 2000 dan 2020 saja, negara ini memenangkan 103.568 paten di bidang teknologi komputer,paten terbanyak yang diperoleh negara mana pun dalam bidang teknologi komputer.

2. Amerika Serikat

Jumlah paten teknologi komputer antara 2000-2020: 92.793