Find Us On Social Media :

Dekatkan Cloud ke Pelanggan, Akamai Luncurkan Platform Gecko

By Liana Threestayanti, Jumat, 16 Februari 2024 | 14:00 WIB

Akamai menghadirkan kemampuan cloud computing) di jaringan edge-nya melalui platform Gecko. Diklaim akan tingkatkan pengalaman pengguna.

Akamai menghadirkan kemampuan komputasi awan (cloud computing) di jaringan edge-nya melalui platform Generalized Edge Compute (Gecko).

Perusahaan penyedia cloud ini mengeklaim akan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggannya karena Gecko akan membawa workload lebih dekat dengan perangkat, sumber data, dan end user. 

Langkah ini pun membawa Akamai pada tahapan baru dari rencananya untuk memperluas layanannya dan menuju cloud yang lebih terhubung (connected cloud) setelah mengakuisisi perusaahan penyedia Infrastructure as a Service Linode senilai US$900 juta.

Kehadiran Gecko dilatarbelakangi beberapa alasan. Pertama, ada kebutuhan cloud terdistribusi yang terus meningkat. Menurut penelitian global yang dilakukan oleh ClearPath Strategies pada 2023, dua pertiga dari pengambil keputusan IT mengatakan bahwa penggunaan layanan cloud terdistribusi mereka akan meningkat dalam 12 bulan ke depan.

Sementara itu, lebih dari sepertiga responden juga mengakui manfaat cloud terdistribusi yang sangat krusial dalam strategi TI. Di antara manfaat tersebut adalah kemampuan memroses dan menganalisis data artificial intelligence (AI) dan machine learning secara cepat dan efisien.

Yang kedua, bagi Akamai sendiri, inisiatif Gecko akan mewujudkan desain cloud baru guna memenuhi berbagai kebutuhan aplikasi modern, seperti performa yang lebih baik, latensi yang lebih rendah, dan skalabilitas global yang memadai.

Sektor-sektor yang Membutuhkan Gecko

Akamai telah melakukan uji coba Gecko dengan beberapa pelanggan enterprise-nya. Para pelanggan khususnya yang membutuhkan inferensi artificial intelligence (AI), menyelenggarakan game multiplayer, dan layanan media sosial disebut Akamai akan dapat memaksimalkan teknologi Gecko. 

Selain itu, Akamai juga melihat potensi penggunaan Gecko di masa depan di bidang retail imersif, komputasi spasial, analisis data, dan Internet of Things (IoT) untuk konsumen dan industri.

Gecko dirancang untuk memungkinkan generalized compute dapat di-deploy pada jaringan edge milik Akamai, guna memberikan pengalaman komputasi yang konsisten dari cloud hingga edge. Gecko pun diharapkan akan menghadirkan komputasi full stack ke lokasi-lokasi yang sebelumnya sulit dijangkau dan para pelanggan dapat mendekatkan workload ke pengguna mereka.

Selain itu, menurut Akamai, para developer nantinya tidak perlu lagi memikirkan soal membangun aplikasi untuk cloud atau untuk edge. Hal ini sekaligus menjawab tantangan pada arsitektur yang ada saat ini yang memisahkan antara jaringan cloud dan edge. 

Bagi Akamai, Gecko juga menjadi sebagai satu cara mendorong konvergensi cloud dan edge yang pada gilirannya akan membuka peluang inovasi di seluruh jaringan komputasi.