Find Us On Social Media :

Jalankan Tugas AI, Apple Tingkatkan Kemampuan Neural Engine iPhone 16

By Adam Rizal, Selasa, 20 Februari 2024 | 09:00 WIB

iPhone 15 Series

Apple akan meningkatkan kemampuan neural engine iPhone 16 dan fitur AI generatif pada iOS 18. Rencananya, Apple akan meluncurkan fitur-fitur AI itu dalam ajang WWDC 2024 pada Juni dan akan tersedia bersamaan dengan peluncuran iPhone 16 Series pada September.

Tentunya, Apple akan menambahkan jumlah core supaya kemampuan Neural Engine iPhone 16 series lebih canggih lagi dan mampu menjalan tugas AI yang generatif. Apple harus menjawab keraguan para investor dan pengguna yang kecewa dan ragu bahwa Apple dapat menghadirkan inovasi AI keren di dalam iPhone series.

Apple harus mengejar Samsung yang telah menghadirkan fitur Galaxy AI pada Galaxy S24 series. Sebagai perbandingan, di Galaxy S24 Series saja, pemrosesan AI-nya diklaim meningkat hingga 14 kali dibandingkan generasi sebelumnya. Karena itu, Apple harus meningkatkan kemampuan chipset terbarunya A18 dengan kehadiran Neural Engine yang lebih powerful seperti dikutip GSM Arena.

Peningkatan itu sangat penting karena Neural Processing Unit (NPU) yang secara khusus mengelola pemrosesan AI, memberikan performa yang lebih powerful dibandingkan dengan membebankannya pada CPU dan GPU. Apple juga berencana untuk meningkatkan penggunaan Neural Engine di chip M series untuk MacBook berikutnya.

Selain itu, Apple juga mengembangkan model generative AI kustom seperti Keyframer, serta berupaya meningkatkan Siri dengan teknologi generative AI untuk memahami konteks pertanyaan lebih baik. Dengan demikian, iPhone generasi mendatang diharapkan dapat memberikan pengalaman AI yang lebih maju kepada penggunanya. Mungkin saja ada versi baru Siri, sebagai salah satu fitur yang diharapkan benar-benar “pintar”.

Baca Juga: Penyebab Penjualan iPhone 15 Series Kurang Laku di Pasar China

 Baca Juga: Samsung Tingkatkan Kemampuan AI dan Kamera Flagship Galaxy S24 Series