Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Hadirkan Solusi AI Terbaru untuk Perusahaan di Indonesia

By Rafki Fachrizal, Kamis, 22 Februari 2024 | 11:15 WIB

Di tengah maraknya adopsi teknologi AI (Artificial intelligence) di perusahaan/organisasi, Alibaba Cloud mengumumkan penawaran solusi teknologinya AI generatif terbarunya di tanah air.

“AI dan transformasi digital menjadi fokus Alibaba Cloud di Indonesia tahun ini dan banyak solusi AI generatif yang kami hadirkan tahun ini,” tutur Sean Yuan, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence,

Ia melanjutkan, "Kami berkomitmen untuk membawa solusi teknologi terdepan yang teruji, khususnya yang diperkaya dengan kemampuan AI generatif, ke pasar Indonesia. Kami bertujuan untuk memungkinkan pelanggan kami mengadopsi inovasi dan membuka jalur baru untuk pertumbuhan."

Ada tiga rangkaian solusi AI generatif baru yang dihadirkan Alibaba Cloud untuk pelanggan di Indonesia tahun ini.

Pertama, PAI-EAS (Platform AI-Elastic Algorithm Service), solusi untuk mengurangi biaya inferensi model AI.

PAI-EAS mendukung alokasi sumber daya komputasi sesuai permintaan, dan mengurangi biaya inferensi model AI hingga 50% dibandingkan dengan model tradisional.

Layanan nirserver ini akan mendukung penerapan LLM open-source terkenal dan model AI ModelScope dari Alibaba Cloud, melayani tugas seperti segmentasi gambar, pembuatan rangkuman, dan pengenalan suara.

Solusi kedua, Enterprise RAG, yang dapat meningkatkan akurasi hasil dari model AI.

Para pelanggan dapat memanfaatkan proses dari Retrieval-Augmented Generatio (RAG) Enterprise, Alibaba Cloud, bersama den vector engine dan layanan pelatihan LLM untuk menyempurnakan LLM mereka sendiri untuk akurasi spesifik-domain yang lebih baik dan lebih hemat biaya.

Solusi ketiga, yakni Iintegrasi Vector Engine, di mana kini tersedia untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi Gen AI yang disesuaikan.

Gudang data Alibaba Cloud Hologres, dan layanan pencarian Elasticsearch dan OpenSearch, akan diperkaya dengan teknologi pencarian vektor terbaru di Indonesia.

“Integrasi ini memfasilitasi akses bisnis Indonesia ke LLM yang berbeda dan penciptaan aplikasi AI generatif yang disesuaikan untuk membantu bisnis dapat membuka lebih banyak potensinya,” jelas Sean.

Memperluas Kemitraan dan Meningkatkan Kolaborasi dengan Universitas