Find Us On Social Media :

Mirip Galaxy AI, Oppo Bakal Luncurkan Fitur-fitur AI di HP Tahun Ini

By Adam Rizal, Kamis, 22 Februari 2024 | 09:00 WIB

OPPO Reno11 F dilengkapi rating IP65 yang menbuatnya tahan percikan air dan debu.

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan menjadi fitur wajib HP di masa depan dan menjadi pertimbangan orang sebelum membeli HP. Setelah Samsung memperkenalkan fitur Galaxy AI pada Galaxy S24 series, kini Oppo juga ikutan akan memperkenalkan Fitur-fitur AI di dalam HP-nya.

Oppo mendirikan Oppo Center sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan teknologi AI dan akan memperkenalkannya ke dalam seri Oppo Reno 11 termasuk di Indonesia. Salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan AI eraser untuk menghapus objek dalam foto.  

"Fitur AI adalah generasi baru dalam industri smartphone. Oppo berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam menghadirkan pengalaman revolusioner melalui teknologi ini," kata Pete Lau (Chief Product Officer Oppo) seperti dikutip GSM Arena.

Meskipun belum banyak detail, Oppo berjanji untuk menjadi pemimpin dalam perubahan revolusioner industri HP dengan AI generatif. Oppo Reno 11 series ini dipastikan mendapatkan fitur AI generatif pada Q2 2024

"Oppo mengikuti tren industri HP dengan fitur AI generatif, yang diyakininya akan mendefinisikan generasi berikutnya dari industri HP," ujarnya seperti dikutip GSM Arena.

Sekadar informasi, Samsung adalah brand ponsel pertama yang meluncurkan beragam fitur AI lewat produk Galaxy S24 series, yang kemudian dinamakan sebagai Galaxy AI. Selain Samsung, Apple juga berencana membawa fitur AI generatif, meskipun belum ada informasi resmi. 

Apple Fokus Garap AI

Apple iPhone 15 Pro Max (Apple)

Apple sebagai perusahaan raksasa teknologi tidak mau kalah dengan pesaingnya Samsung yang memperkenalkan layanan Galaxy AI pada Samsung Galaxy S24 Series. Kini Apple fokus mengembangkan teknologi artificiaI intelligence (AI) ataua kecerdasan buatan untuk iPhone series terbaru. Apple pun langsung merekrut sejumlah teknisi handal dan fokus pada pengembangan AI baik dari segi hardware maupun software. 

"Samsung sudah menunjukkan kelasnya dalam AI. Saat ini adalah momen krusial bagi Apple untuk mengejar ketertinggalan dalam teknologi AI, mengingat persaingan semakin ketat," kata Daniel Ives dari Wedbush Securities seperti dikutip Financial Times.

Apple juga terlihat mencantumkan istilah Deep Learning dalam banyak lowongan pekerjaan, menandakan fokus pada pengembangan AI untuk pemrosesan data secara cepat. Hal itu berarti Apple tengah berupaya mengembangkan AI terutama untuk bisa memproses data mulai dari tulisan, suara hingga kode dalam beberapa detik saja. Apple akan bertahap menambahkan fitur generative AI pada iPhone.

"Apple sudah bersiap melakukan perekrutan penting karena persaingan teknologi AI sedang panas-panasnya. Apple sejauh ini belum memberikan langkah konkret untuk menghadapi situasi tersebut," tambahnya.

Sementara itu, pesaing terdekat Apple, Google, telah memimpin dengan merekrut pakar AI ternama dan menghadirkan fitur-fitur canggih seperti Gemini.

Tingkatkan Kemampuan AI Siri

Mengapa Otak Apple Siri Lebih Dungu Dibanding Amazon Alexa?

Berdasarkan laporan dari Phone Arena, pada ajang WWDC 2024 yang dijadwalkan pada bulan Juni mendatang, Apple diperkirakan akan mengumumkan sejumlah perubahan besar dalam kemampuan AI Siri berbasis model Ajax internal Apple. Perbaikan yang diantisipasi mencakup peningkatan personalisasi dan percakapan yang lebih alami. Namun, dampak perubahan ini terhadap pengalaman pengguna Siri masih kurang jelas, dan banyak pihak skeptis bahwa ini akan menyelesaikan keluhan utama yang dihadapi pengguna Siri.

Salah satu harapan utama pengguna Siri adalah kemampuan untuk menerima jawaban langsung dari Siri, bukan hanya menemukan informasi di web. Rencana upgrade mikrofon yang sedang beredar diyakini dapat membantu mengatasi masalah pendengaran Siri. Pengguna juga sering mengeluhkan bahwa meskipun pertanyaan mereka benar, Siri sering memberikan jawaban yang tidak relevan.

Menurut yeux1122, blogger teknologi, Siri mungkin akan mendapatkan kemampuan AI baru yang memungkinkan pengguna memulai percakapan di iPhone dan melanjutkannya di iPad atau Mac. Meskipun demikian, masih perlu waktu untuk membuktikan apakah peningkatan AI yang diumumkan benar-benar akan membuat Siri menjadi asisten digital yang lebih baik. Tugas-tugas seperti mengatur alarm dan waktu dianggap tidak akan menjadi masalah besar bagi Siri.