Find Us On Social Media :

Sirclo Prediksi Tren Belanja Jelang Ramadan 2024, Bisnis Wajib Tahu

By Rafki Fachrizal, Kamis, 22 Februari 2024 | 18:15 WIB

Ilustrasi Belanja Online.

Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia dengan jumlah 240,62 juta orang.

Tak heran jika bulan Ramadan menjadi momen yang dinantikan oleh mayoritas masyarakat, mulai dari aspek spiritualitas hingga kesiapan fisik.

Dengan antusiasme dan pengeluaran masyarakat yang semakin meningkat, terutama dalam persiapan Ramadan dan menggunakan Tunjangan Hari Raya untuk menyambut Idul Fitri, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Survei terbaru dari The Trade Desk menunjukkan bahwa 67% masyarakat Indonesia berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR mereka untuk merayakan Ramadan 2024.

Selain itu, 48% konsumen melaporkan peningkatan belanja yang didorong oleh optimisme terhadap kondisi ekonomi yang membaik.

Dalam ranah daring, data internal SIRCLO menunjukkan bahwa sepanjang bulan Ramadan tahun 2021 hingga 2023, terdapat pertumbuhan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5% dan jumlah konsumen yang berbelanja online meningkat 36,5%.

Menanggapi fenomena ini, Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO menyatakan, "Optimisme peningkatan daya beli konsumen dari tahun ke tahun selaras dengan peningkatan yang signifikan dalam minat konsumen untuk berbelanja secara online di era digital ini. Maka dengan mempelajari tren belanja online yang terkini, kita dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk menyusun strategi penjualan yang tepat sasaran pada bulan Ramadan 2024."

Menganalisa Tren Belanja untuk Menunjang Penjualan di Bulan Ramadan

Dalam perjalanannya mendukung bisnis berjualan secara online selama lebih dari satu dekade, SIRCLO merangkum data-data perilaku belanja konsumen selama bulan Ramadan yang dapat membantu pelaku bisnis mengoptimalisasi penjualannya di lapak daring, baik melalui website, marketplace, dan live shopping.

Berikut tren serta rekomendasi strategi yang dibagikan oleh SIRCLO:

1. Lima Kategori Produk Favorit Konsumen di Bulan Ramadan

Tren Belanja: Data internal SIRCLO menemukan lima kategori teratas yang paling sering diminati oleh konsumen online selama Ramadan tahun 2023, yaitu Beauty & Personal Care, Healthcare, Home Living, Food & Beverages, dan Fashion.

Tradisi Ramadan seperti mempersiapkan hampers, menjaga kesehatan selama berpuasa, hingga membeli baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri menjadi pendorong utama pola belanja ini.