Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mudah Transfer Data dari iPhone ke HP Android?

By Adam Rizal, Rabu, 28 Februari 2024 | 13:00 WIB

Bagaimana Cara Transfer Data dari iPhone ke HP Android?

Pengguna iPhone yang ingin pindah ke perangkat Android memiliki tantangan besar dalam pemindahan datanya. Hal itu dikarenakan perangkat Android tidak menyediakan fitur Quick Share Apple. Namun, untuk memindahkan data dari iOS ke Android, Anda tidak perlu melakukan segalanya secara manual. Anda dapat mengunduh aplikasi bernama Switch to Android yang disediakan oleh Google melalui App Store, seperti dilansir oleh Makeuseof.

Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah masuk ke akun Google dan mengikuti petunjuk yang diberikan. Aplikasi ini akan membantu Anda memindahkan berbagai macam data, mulai dari kontak, video, foto, informasi kalender, pengaturan perangkat, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat memindahkan percakapan WhatsApp dari iPhone ke perangkat Android yang baru. Sebaiknya, Anda membuat cadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan transfer, hal ini juga berlaku untuk aplikasi media sosial lainnya.

Jika Anda khawatir akan kehilangan data seperti foto, video, atau dokumen saat menggunakan aplikasi Switch to Android, meskipun kasus tersebut jarang terjadi, Anda masih dapat menggunakan metode manual dengan menggunakan kabel data. Namun, perlu diingat bahwa perangkat iOS dan Android menggunakan kabel yang berbeda. 

Anda perlu memiliki adaptor On-The-Go (OTG) untuk menghubungkan kedua jenis kabel atau membeli set kabel yang terdiri dari kabel Lightning dan kabel USB-C. Jika Anda menggunakan adaptor, hubungkan kabel Lightning ke OTG terlebih dahulu, kemudian sambungkan adaptor ke perangkat Android. 

Namun, jika Anda menggunakan set kabel Lightning dan USB-C, Anda dapat langsung menyambungkan kabelnya. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan kedua perangkat telah terhubung dengan benar. Selama proses transfer data, hindari mengganggu kedua perangkat dan pastikan kabel tetap terhubung.

Baca Juga: OpenAI ChatGPT dkk Investasi ke Startup AI Pembuat Robot Humanoid

 Baca Juga: Teknologi AI Bukanlah Ancaman dan Musuh Bagi Kehidupan Manusia