Find Us On Social Media :

Review realme C67: Smartphone Entry Level Rasa Kelas Menengah

By Dayu Akbar, Senin, 26 Februari 2024 | 13:30 WIB

realme C67

realme menghadirkan lini smartphone seri C yang ditujukan untuk segmen entry level atau pemula. Segmen yang sebelumnya identik dengan “smartphone kentang harga murah”, coba diubah dengan menghadirkan peningkatan di seri tersebut. Tidak tanggung-tanggung, beberapa fitur kelas menengah disematkan di seri C tersebut. Yang paling teranyar ditunjukkan realme dengan menghadirkan seri realme C67. Bahkan realme sendiri mengklaim bahwa realme C67 membawa peningkatan terbesar di sepanjang sejarah seri C.

Yang pertama bisa dilihat dari paket penjualannya. Isinya lengkap dimana selain unit realme C67 juga sudah disertakan kepala charger 33 watt beserta kabel USB type-C dan tidak ketinggalan case transparan. Hal yang terkadang mulai dihilangkan pada seri smartphone entry level.

Untuk unitnya sendiri, tampilan fisik realme C67 tidak seperti smartphone entry level kebanyakan dimana seri ini punya desain premium dan terlihat stylish. realme C67 menghadirkan konsep desain yang menarik dengan perpaduan garis tekstur yang cerah dan cincin berkilau yang mengelilingi lensa kamera di bagian belakang. Dan tampilannya makin terlihat keren saat terkena pantulan cahaya. Hadir dalam dua pilihan warna yaitu Sunny Oasis dengan dominasi warna hijau dan Black Rock dengan dominasi warna hitam. Unit yang kami gunakan kali ini memiliki warna Black Rock.

Hadir dengan dua pilihan warna Sunny oasis (hijau) dan black rock (hitam), seluruh bodinya hadir dengan desain flat dan lebih tipis sehingga membuatnya lebih nyaman digenggam dan elegan.

Bodinya hadir dengan desain flat dengan tiap sudut yang melengkung. Ketebalannya yang hanya 7,59 mm membuatnya lebih tipis dibanding sebelumnya. Bobotnya juga lebih ringan yaitu sekitar 179 gram. Kombinasi ini membuatnya nyaman digenggam. Lapisan belakangnya agak kesat saat diraba dan tidak mudah meninggalkan noda sidik jari. Selain itu, realme C67 juga jadi seri C pertama yang sudah mendapatkan sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan debu dan cipratan air.

realme C67 tidak hanya tampil stylish di bagian belakang, namun juga memesona di bagian depan. Layar realme C67 menggunakan panel IPS dengan ukuran 6,72 inci serta punya resolusi FHD+ atau 1.080x2.400 pixels. Refresh rate-nya hingga 90Hz yang bersifat adaptif dan punya tingkat kecerahan hingga 950 nits sehingga cukup nyaman saat digunakan di luar ruangan. Untuk tampilan fisiknya kami juga suka karena tiap bezelnya terbilang tipis, termasuk sisi bawah.

Bagian belakang dilengkapi dengan kamera utama 108MP serta fitur 3x In-sensor Zoom yang pertama di segmennya.

Hal ini dikarenakan realme C67 jadi smartphone pertama di kisaran harganya yang menghilangkan penggunaan braket plastik di sekeliling layar. Dihilangkannya braket plastik ini membuat ukuran bezel menjadi lebih tipis, meminimalisir area hitam di sekeliling sehingga membuat tampilan layar terlihat lebih luas dan imersif. Apalagi ditambah dengan rasio layar ke bodi yang mencapai 91,4%.

Sementara untuk penempatan tombol fisik terbilang standar seperti smartphone lain pada umumnya. Sisi kanan terdapat tombol Volume dan tombol Power yang juga berfungsi sebagai sensor fingerprint. Sementara penempatan fitur lainnya yaitu pada sisi bawah terdapat jack audio 3.5mm, mikrofon, USB type-C, dan speaker. Menariknya, speaker ini stereo karena speaker satunya ditempatkan di sisi atas. SIM tray diletakkan di sisi kiri yang dapat menampung hingga dua kartu SIM dan satu kartu microSD hingga kapasitas 1 TB.

Kamera juga jadi salah satu fitur unggulan yang mengalami peningkatan signifikan di kelasnya. Kamera utamanya memiliki resolusi hingga 108 MP dengan fitur 3x In-sensor Zoom yang jarang ditemukan di harganya. Berbekal sensor ISOCELL HM6, pilihan resolusi tinggi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil foto yang terlihat tajam. Dengan ukuran mencapai 12.000x9.000 pixel, membuatnya cocok ketika hendak dicetak dalam ukuran besar dan tidak pecah meski diperbesar. Pengguna juga bisa melakukan foto cropping dengan hasil yang tetap baik.

Hasil foto menggunakan fitur 3x In-sensor Zoom yang didukung oleh sensor ISOCELL HM6 akan mendapatkan hasil foto tetap tajam saat di-zoom secara optical 1x dan 3x, serta digital zoom 5x.

Sementara itu fitur 3x In-sensor Zoom memungkinkan pengguna untuk memperbesar bidikan foto melalui fungsi optical zoom yang jelas lebih baik dibanding hanya mengandalkan digital zoom. Selain itu yang juga tidak kalah keren adalah fitur 3x Portrait yang akan menghasilkan foto portrait dengan tetap detail dan efek bokeh yang rapi.