Find Us On Social Media :

MWC 2024: Intel Hadirkan Inovasi Performa 5G Core dan Penghematan Daya

By Adam Rizal, Selasa, 27 Februari 2024 | 08:30 WIB

MWC 2024: Intel Hadirkan Inovasi Performa 5G Core dan Penghematan Daya

Di MWC 2024, Intel mengumumkan platform, solusi, dan layanan baru yang mencakup jaringan dan edge AI, prosesor Intel® Core™ Ultra serta AI PC, dan banyak lagi. 

Arsitektur Intel adalah tulang punggung cloud-native, jaringan inti berbasis software di seluruh dunia, di mana sebagian besar virtualized network server-nya bekerja di CPU Intel. Sebagai pilihan utama bagi operator, pembuat peralatan, dan penyedia software, platform Intel Xeon telah menetapkan standar penerapan komersial untuk kinerja 5G core dengan TCO yang unggul dan manajemen daya yang komprehensif – semuanya dihadirkan melalui ekosistem kelas dunia.

Untuk operator, Intel hari ini melakukan tinjauan terhadap prosesor Intel Xeon generasi berikutnya, Sierra Forest, yang akan diluncurkan pada akhir tahun ini, untuk memperluas roadmap CPU Intel dengan menawarkan hingga 288 Efficient-core (E-core) dalam satu chip. 

Hal itu cocok untuk beban kerja 5G core guna meningkatkan kinerja core jaringan dan penghematan daya. Dengan memanfaatkan teknologi E-core terbaru Intel, operator akan merasakan penghematan energi dan biaya yang lebih besar, sehingga menghasilkan peningkatan performance per rack sebesar 2,7x dan performance per rack terbaik di industri untuk beban kerja 5G core.

Operator dan mitra ekosistem – termasuk BT Group, Dell Technologies, Ericsson, HPE, KDDI, Lenovo, dan SK Telecom – juga menunjukkan minat pada platform generasi berikutnya yang inovatif ini, yang dioptimalkan untuk performance per watt yang tinggi, core density, dan throughput.

Untuk penghematan daya tambahan dan efisiensi energi, Intel mengumumkan ketersediaan dan pengadopsian software Intel Infrastructure Power Manager untuk 5G core, termasuk rencana Casa Systems, NEC, Nokia, dan Samsung meluncurkannya pada tahun 2024. 

Intel Infrastructure Power Manager memungkinkan operator untuk manfaatkan telemetri bawaan pada prosesor Intel Xeon untuk mengurangi daya CPU rata-rata 30% seraya mempertahankan performance metric yang penting bagi perusahaan telko. Sejumlah operator sedang menjajaki uji coba laboratorium untuk menghasilkan carbon offset dan penghematan TCO.

Baca Juga: MWC 2024: Intel Hadirkan AI Everywhere di Seluruh Jaringan dan Edge

 Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas Produksi Pabrik, Intel Kenalkan Foundry AI