Find Us On Social Media :

Alasan Perusahaan Harus Pakai Platform Edge Intel, Canggih Berbasis AI

By Adam Rizal, Selasa, 27 Februari 2024 | 09:00 WIB

Intel kembangkan prosesor Panther Lake berbasis artificial intelligence (AI)

Perusahaan ingin berinovasi, menjadi efisien dan meningkatkan waktu pemasaran dengan memberikan layanan cerdas baru di edge. Mereka mulai memanfaatkan sejumlah besar data yang mereka hasilkan untuk mencapai pengalaman pelanggan yang lebih baik, meningkatkan skala operasi melalui otomatisasi dengan harga yang kompetitif, dan mengatasi dampak kekurangan tenaga kerja. Hal ini mendorong peluang baru yang luar biasa bagi edge AI.

Intel menghadirkan inovasi bagi mitra-mitra kami dan pelanggan mereka di seluruh jaringan, edge, dan enterprise untuk memodernisasi jaringan mereka, memonetisasi layanan baru di edge, dan menghadirkan AI ke mana pun,” kata Sachin Katti, senior vice president and general manager of the Network and Edge Group, Intel. 

Intel memanfaatkan basis instalasinya yang luas dan keahlian mendalam dari lebih dari 90.000 penerapan edge saat ini dengan jejak yang mencakup lebih dari 200 juta prosesor yang terjual dalam 10 tahun terakhir2 untuk membantu pelanggan memanfaatkan peluang AI edge dengan cepat dan efisien.

Platform Edge Intel yang diumumkan hari ini memiliki kemampuan unik, termasuk mendukung komponen heterogen untuk menghasilkan TCO yang lebih rendah dan pengelolaan infrastruktur dan aplikasi yang zero-touch dan berbasis policy, dan AI di seluruh kumpulan edge node melalui satu glass pane saja. 

Selain itu, AI runtime dengan inferensi OpenVINO bawaan akan memungkinkan optimalisasi inferensi AI secara real-time dan penempatan beban kerja yang dinamis dalam software infrastruktur untuk penerapan aplikasi. 

Sebagai evolusi dari solusi yang pertama kali diperkenalkan pada Intel Innovation 2023 dengan nama kode Project Strata, Edge Platform Intel akan tersedia secara umum pada kuartal ini, dengan beberapa mitra dan end-user telah memanfaatkan penawarannya. 

Untuk mendukung Edge Platform Intel, Intel bekerja di seluruh ekosistem dan dengan para pemimpin industri seperti Amazon Web Services, Lenovo, L&T Technology Services, SAP, Red Hat, Vericast, Verizon Business, dan Wipro.

Pengalaman AI PC Terbaik 

Pada hari kedua MWC 2024, Intel dan Microsoft akan mengadakan resepsi untuk AI PC di booth Intel.  Untuk sektor-sektor yang sedang berkembang di mana protokol dan use case-nya masih dibangun – seperti vRAN, OpenRAN, 6G, dan AI – FPGA memberikan keunggulan berupa first-to-market dan memberikan fleksibilitas maksimum dengan solusi yang dinamis, berdaya rendah, berlatensi rendah, dan throughput tinggi. 

Programmable Solutions Group (PSG) dari Intel akan meluncurkan dua radio macro terbaru dan mMIMO Enablement Packages serta Intel® Precision Time Protocol Servo, yang memungkinkan pelanggan menerapkan konfigurasi timing apa pun berdasarkan protokol ketepatan waktu 1588 untuk menyinkronkan perangkat di Radio Access Network.  

Baca Juga: MWC 2024: Intel Hadirkan AI Everywhere di Seluruh Jaringan dan Edge

 Baca Juga: Tingkatkan Kapasitas Produksi Pabrik, Intel Kenalkan Foundry AI