Find Us On Social Media :

Aplikasi LINE Messenger Kini Dibekali Layanan Asisten Berbasis AI

By Rafki Fachrizal, Rabu, 28 Februari 2024 | 18:30 WIB

Ilustrasi LINE AI Assistant.

LINE baru-baru ini mengumumkan peluncuran "LINE AI Assistant", layanan berbasis messenger untuk menjawab pertanyaan, menganalisis informasi, dan memberikan saran. Layanan tersebut tersedia untuk pengguna LINE Messenger.

Dengan menggunakan API dari Open AI dan lainnya, LINE AI Assistant merupakan layanan langganan bulanan yang memungkinkan pengguna menambahkan AI/artificial intelligence (kecerdasan buatan) tersebut sebagai Akun Resmi LINE kemudian berinteraksi dengannya, sama seperti mengobrol dengan seorang teman.

Pengguna dapat meminta AI untuk melakukan penelitian tentang subjek apa pun, menawarkan ide untuk proyek-proyek kerja atau sekolah, menerjemahkan atau merangkum gambar/file, menganalisis gambar, atau memberikan ide memasak dan mencari resep.

LINE AI Assistant menawarkan paket gratis, di mana pengguna dapat menerima hingga lima balasan dari AI per hari secara cuma-cuma, dan paket berbayar, menawarkan akses tanpa batas ke semua fitur dengan harga JPY990 (sekitarUS$6.60) per bulan (termasuk pajak).

Paket gratis terbatas hanya pada pesan teks dan tidak termasuk terjemahan/rangkuman gambar/file atau analisis gambar.

Peluncuran ini hadir setelah diperkenalkannya LINE AI Q&A di Jepang pada akhir Januari lalu, sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk bertanya baik kepada AI generatif maupun pengguna lain, dengan memanfaatkan API OpenAI.

Sebagai informasi, saat ini layanan LINE AI Assistant tersedia untuk aplikasi LINE Messenger versi 14.1.0 atau yang lebih baru, dan hanya tersedia untuk pengguna di Jepang.

Masih belum ada informasi kapan layanan tersebut bakal hadir ke pengguna di negara lainnya, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: SEEK, Jobstreet, dan Jobsdb Kini Saling Terintegrasi dan Dibekali AI