Find Us On Social Media :

Review Acer Aspire 3 Slim: Terjangkau Bagi yang Bermobilitas Tinggi

By Dayu Akbar, Sabtu, 2 Maret 2024 | 06:00 WIB

Acer Aspire 3 Slim (A314-36M)

Acer memiliki lini laptop yang cukup luas guna memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. Bagi kebutuhan yang lebih sederhana untuk aktivitas pekerja kantoran sampai anak sekolah maupun kuliah, Acer menawarkan laptop terjangkau melalui seri Aspire 3 Slim.

Sesuai penamaannya (Slim), laptop ini hadir dalam desain yang ringkas dan ringan untuk kebutuhan pengguna yang kerap mengerjakan tugas dimana saja. Hadir dengan desain yang tipis dan ringkas, bobotnya hanya 1,4 kg dengan ketebalan 18,0mm. Membuat Aspire 3 Slim sangat mendukung pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Secara fisik, bodi laptop ini menggunakan material metal pada bagian covernya. Penggunaan material ini membuat Aspire 3 Slim memiliki desain yang premium dan durabilitas lebih baik untuk laptop sekelasnya. Tampilan polos pada bagian covernya terlihat elegan sehingga cukup bikin pede saat mengerjakan tugas di café atau tempat nongkrong lainnya. Tersedia dalam dua pilihan warna baru yaitu Pure Silver dan Steam Blue, unit yang kami uji memiliki warna Pure Silver.

Aspire 3 Slim menggunakan material metal pada bagian covernya sehingga tidak hanya berkesan premium tapi juga memiliki durabilitas lebih baik untuk laptop sekelasnya.

Dimensi yang ringkas juga ditandai dengan ukuran layar 14 inci. Menariknya, meski di kelas entry level, resolusi yang diusungnya sudah full HD atau 1920x1080 pixels. Dengan resolusi tinggi, tampilan menjadi lebih tajam dan nyaman, baik saat mengerjakan tugas berbasis office maupun kebutuhan hiburan seperti streaming ataupun menonton film.

Acer juga sudah menyematkan teknologi Acer ComfyView TM yang dapat membuat nyaman mata dalam menatap layar dengan mengatur intensitas cahaya yang diterima dan dipantulkan sesuai kondisi ruangan.

Dukung komputasi kekinian, konektivitasnya sudah dilengkapi dengan port USB type-C yang mendukung koneksi DisplayPort, transfer data yang cepat, hingga pengisian daya ke perangkat lain seperti smartphone ataupun laptop. Selain itu, Type-C port yang ada di laptop ini juga multifungsi karena bisa dipakai untuk share screen ke layar eksternal.

Konektivitas modern dihadirkan melalui port USB type-C yang mendukung koneksi DisplayPort, transfer data, serta pengisian daya.

Sementara koneksi lain yang tersedia termasuk 2 port USB 3.2 Gen 1 type-A, HDMI 2.1, jack audio 3.5mm. Untuk konektivitas nirkabelnya sudah mendukung WiFi 5 dan Bluetooth 5 yang sudah mumpuni untuk kebutuhan standar.

Bagi kebutuhan conference call, Acer memberikan webcam dengan fitur pendukungnya. Webcamnya dibekali dengan resolusi HD atau 1 MP. Untuk kebutuhan yang disebut sebelumnya, ini sudah cukup memadai. Pergerakan gambar terpantau lancar meski terdapat noise.

Acer menampilkan fitur-fitur unggulan yang disematkan bagi kebutuhan komputasi pengguna sehari-hari.

Namun Acer sudah menyematkan fitur Acer Temporal Noise Reduction  (TNR) terbaru yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas lebih baik dengan mendeteksi noise gambar dan kemudian memprosesnya agar kualitas gambar meningkat, bahkan pada kondisi kurang cahaya sekalipun. Namun untuk idealnya, pastikan untuk menggunakannya di ruang dengan pencahayaan yang cukup terang.