Find Us On Social Media :

Apple Resmi Luncurkan MacBook Air Baru dengan Chip M3, Harganya?

By Rafki Fachrizal, Selasa, 5 Maret 2024 | 11:10 WIB

Ilustrasi Apple MacBook Air Terbaru dengan Chip M3.

Apple telah mengumumkan peluncuran dua model MacBook Air terbarunya yang dibekali dengan chip M3.

MacBook Air baru tersebut tersedia dalam dua pilihan ukuran layar, yaitu 13 inci dan 15 inci.

Salah satu sorotan utama dari MacBook Air terbaru itu adalah peningkatan kinerja berkat chip M3, dengan peningkatan kecepatan 60 persen dibandingkan dengan pendahulunya, chip M1.

Apple bahkan dengan percaya diri menyatakan bahwa chip M3 melampaui MacBook Air berbasis Intel tercepat dengan form factor 13, dikutip dari Mint.

Penyertaan Neural Engine yang telah ditingkatkan juga semakin menambah efisiensi dan kecepatan pada Macbook Air baru tersebut, menjadikannya saat ini sebagai "laptop konsumen terbaik untuk AI."

Apple mengklaim bahwa kedua MacBook Air dapat memberikan daya tahan baterai hingga 18 jam, dan perubahan utama termasuk dukungan untuk layar eksternal ganda.

“MacBook Air adalah Mac kami yang paling populer dan dicintai, dengan lebih banyak pelanggan yang memilihnya dibandingkan laptop lainnya. Dan kini segalanya menjadi lebih baik dengan chip M3 dan kemampuan baru,” kata Greg Joswiak, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, dikutip dari laman Apple Newsroom.

“Mulai dari mahasiswa yang sedang mengejar gelar mereka, hingga pengguna bisnis yang membutuhkan produktivitas bertenaga, atau siapa saja yang menginginkan kombinasi performa, portabilitas, dan daya tahan baterai terbaik di industri, semuanya dalam desain tanpa kipas, MacBook Air baru terus menjadi pilihan terbaik bagi para penggunanya. laptop tipis dan ringan terbaik di dunia,” tambahnya.

Apple pun diketahui telah mengintegrasikan mesin decode AV1 ke dalam MacBook Air baru, yang menjanjikan pengguna kualitas video yang lebih baik dan efisiensi untuk layanan streaming.

Laptop ini turut memperkenalkan fitur-fitur canggih seperti dukungan Wi-Fi 6E, bersama dengan mode mikrofon Isolasi Suara dan Spektrum Lebar, memastikan kejernihan suara yang superior selama panggilan audio dan video.

Neural Engine 16-core M3 dioptimalkan untuk model AI tertentu termasuk untuk fungsionalitas macOS tertentu seperti mengaktifkan fitur kamera, real-time speech to text, terjemahan, prediksi teks, dan pemahaman visual.

Bagi yang berminat untuk meminang MacBook Air baru dengan chip M3 dapat melakukan pemesanan mulai tanggal 4 Maret melalui toko online dan offline Apple.

Macbook Air baru akan tersedia di lokasi Apple Store dan Apple Authorized Reseller mulai tanggal 8 Maret dan seterusnya.