Find Us On Social Media :

Sennheiser Mau Suntik Dana €7 Juta ke Pengembang Mikrofon MEMS Optik

By Rafki Fachrizal, Kamis, 7 Maret 2024 | 13:30 WIB

Ilustrasi Sennheiser.

Sennheiser bersama para investor tetapnya, mengatakan mau berinvestasi sebesar €7 juta ke sebuah perusahaan asal Norwegia, sensiBel.

Perusahaan tersebut diketahui telah mengembangkan mikrofon MEMS optik yang dapat menghadirkan kualitas suara kelas atas dengan ukuran yang sangat kecil.

Mikrofon mini ini memberikan pengalaman yang baru dan lebih baik untuk berbagai bidang, seperti consumer electronic, otomotif, conferencing solution, dan alat medis.

“Kami ingin berkembang menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Selain investasi dalam bisnis kami saat ini, kami juga melakukan investasi pada bidang-bidang di luar perusahaan kami yang juga menjanjikan di masa depan, selama sejalan dengan perusahaan dan visi kami," jelas Co-CEO Daniel Sennheiser.

"Teknologi MEMS optik sensiBel yang inovatif ini jelas merupakan bidang baru yang menjanjikan. Sebagai investor, kami berharap dapat secara aktif mendorong perkembangan revolusioner ini," tambahnya.

sensiBel telah mengembangkan mikrofon mini menggunakan teknologi optik yang memungkinkan perubahan generasi dalam kinerja mikrofon MEMS yang saat ini sedang diuji coba dengan para pelanggan utama.

"sensiBel memiliki visi yang sama dengan Sennheiser dan kami bangga menyambut Sennheiser sebagai investor kami," kata CEO sensiBel Sverre Dale Moen.

"Kami yakin bahwa investasi ini menunjukkan manfaat teknologi dan potensi teknologi MEMS optik untuk membentuk masa depan mikrofon mini,” lanjutnya.

Mikrofon MEMS Optik dari sensiBel

Fitur khas dari teknologi unik sensiBel adalah penggunaan gelombang cahaya untuk mengukur gerakan diafragma.

Sebaliknya, mikrofon MEMS konvensional mengukur medan listrik antara diafragma yang bergerak dan backplate.

Namun, dalam sistem optik sensiBel, laser menghasilkan sinar cahaya yang diproyeksikan ke membran mikrofon dan dipantulkan pada photo detector.

Sinar yang dipantulkan akan ditangkap dan diproses oleh Application Specific Integrated Circuit (ASIC) dengan interface data output digital.