Find Us On Social Media :

Bos NVIDIA Yakin AI Bisa Selesaikan Tugas Tulis Manusia 5 Tahun Lagi

By Adam Rizal, Rabu, 6 Maret 2024 | 11:30 WIB

Pendiri dan CEO NVIDIA Jensen Huang

CEO NVIDIA Jensen Huang mengungkapkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dapat menyelesaikan ujian tertulis manusia dengan sempurna dalam lima tahun ke depan. 

"Kemampuan AI menyelesaikan tes tertulis manusia akan mencapai tingkat sempurna  dalam waktu lima tahun lagi," kata Huang menyampaikan pandangan ini dalam sebuah forum ekonomi di Stanford University, yang dikutip oleh Economic Times.

Meskipun saat ini teknologi AI telah mampu lulus dalam beberapa ujian, seperti ujian hukum untuk pengacara tetapi AI masih lemah dalam bidang tes spesifik seperti gastroenterologi.  

"AI akan mampu melewati tes yang lebih sulit lagi dalam lima tahun ke depan," ujarnya.

Huang juga membahas hubungan antara jumlah pabrik chip AI dan perkembangan industri AI. Meskipun CEO OpenAI, Sam Altman, percaya bahwa peningkatan jumlah pabrik chip AI akan mendukung pertumbuhan industri, Huang menekankan bahwa kemajuan dalam algoritma dan pemrosesan AI juga akan memainkan peran penting. 

Meskipun dibutuhkan lebih banyak pabrik chip AI di masa depan, kemajuan teknologi AI   akan membatasi kebutuhan akan jumlah chip yang diperlukan. Seiring berjalannya waktu, industri AI akan membutuhkan lebih banyak pabrik chip tetapi kemampuan chip yang semakin canggih juga akan mempengaruhi kebutuhan ini.

Dampak AI

Ilmuwan komputer dan penulis fiksi ilmiah Vernor Vinge mengatakan manusia akan mampu menciptakan teknologi yang jauh lebih cerdas melampaui kemampuan manusia dan ukuran sebuah kemajuan teknologi adalah mampu menciptakan entitas yang kemampuan melebihi otak manusia. Saat ini manusia sudah mampu mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) yang mampu menggantikan peran manusia dalam bekerja.

Tentunya, inovasi teknologi AI tidak berhenti disitu, para ilmuwan komputer terus mengembangkan teknologi AI makin lebih canggih lagi dengan menghadirkan Artificial Generalized Intelligence (AGI). Ilmuwan mengatakan AGI dapat melakukan pekerjaan manusia di semua tingkat jenis intelektual. Sejumlah peneliti yakin apabila AGI sukses maka itu adalah akhir dari manusia.

"Intinya adalah, ketika mesin mengambil alih proses sains dan teknik maka kemajuannya sangat cepat sehingga kita sebagai manusia tidak bisa mengejarnya," kata Seorang Ilmuwan Komputer di Universitas Louisville, Roman Yampolskiy dalam Pop Science.

Kini peneliti AI menghadirkan sebuah solusi dengan jumlah pekerjaan yang banyak dengan kecepatan tinggi. "Sebagai seorang ahli, Anda tidak lagi tahu apa yang canggih. Itu berkembang terlalu cepat," lanjutnya.

AGI bisa menghasilkan penemuan dan teknologi barunya sendiri dalam penelitian dengan super cepat.Teknologi AI mampu menghasilkan penemuan yang lebih baik dibanding ilmuwan komputer dunia nyata mana pun. Ilmuwan belum memahami lebih dalam mengenai AI sehingga kemungkinan percepatan AI ini dapat menimbulkan masalah.

Yampolsky mengatakan manusia tidak akan pernah mampu memperkirakan apa yang bisa dilakukan oleh AI. "AI akan sangat sulit dikendalikan dan dapat menjadi bencana," ucapnya.

Seorang ilmuwan komputer di University of California Irvine Sameer Singh mengatakan kurangnya definisi yang konsisten untuk AGI dan Singularitas membuat konsep tersebut sulit untuk dipahami.

"Ketika saya mendengar sumber daya masuk ke AGI dan efek jangka panjang ini, saya merasa hal itu menghilangkan masalah yang sebenarnya penting," katanya.

Dari sudut pandang hukum, konten yang dihasilkan oleh AI sering bertentangan dengan undang-undang hak cipta dan privasi data. Model AI diketahui sudah menghasilkan keluaran yang rasis, seksis, dan salah secara nyata.

Baca Juga: Hasil Gambar AI Gemini Tak Akurat, CEO Google Dituntut Mundur

Baca Juga: Platform AI China ini Kalahkan Kemampuan Berpikir Ratusan Ilmuwan