Find Us On Social Media :

Ini Kota dengan Kenaikan Pelaku Usaha Perempuan Tertinggi di Tokopedia

By Rafki Fachrizal, Kamis, 7 Maret 2024 | 12:00 WIB

Ilustrasi Pelaku Usaha Perempuan di Tokopedia.

Geliat partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan terus alami peningkatan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data BPS tahun 2021, perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar.

Saat ini, pelaku usaha perempuan juga semakin banyak yang mengembangkan bisnisnya di ranah online, seperti di e-commerce Tokopedia.

Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan bahwa Tokopedia mencatat ada sejumlah daerah (kota/kabupaten) di Indonesia yang mengalami kenaikan jumlah perempuan pelaku usaha.

 “Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” jelas Rizky dalam acara konferensi pers virtual, Rabu (6/3/2024).

“Sedangkan beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah,” tambah Rizky.

Tokopedia pun mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.

Sedangkan Perawatan Hewan, Makanan dan Minuman serta Perlengkapan Pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.

Di sisi lain, Hari Perempuan Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 8 Maret, tahun ini akan mengusung tema ‘Berinvestasi pada perempuan: Mempercepat Kemajuan’.

Artinya, upaya pencapaian kesetaraan gender dan kesejahteraan perempuan di semua aspek kehidupan adalah tugas seluruh masyarakat dunia demi menciptakan perekonomian yang sejahtera serta kehidupan yang sehat untuk generasi mendatang.

“Berangkat dari semangat tersebut, Tokopedia turut konsisten memberi panggung seluas-luasnya bagi perempuan pelaku usaha lokal, agar para perempuan bisa semakin maju sekaligus membantu mendorong pemerataan ekonomi nasional lewat pemanfaatan teknologi digital,” tambah Rizky.

Upaya Tokopedia memberdayakan para perempuan pelaku usaha

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.