Find Us On Social Media :

Penjualan Makanan dan Minuman Manis Laris di Toko Online Saat Ramadhan

By Adam Rizal, Sabtu, 9 Maret 2024 | 15:30 WIB

Ilustrasi Berbuka Puasa

Perusahaan analisis big data, Compas melaporkan survei terbaru yang mengungkapkan bahwa adanya peningkatan penjualan makanan dan minuman, khususnya yang manis, di platform perdagangan elektronik (e-commerce) menjelang bulan Ramadhan.

Hanindia Narendrata (Co-Founder dan CEO Compas) menjelaskan produk minuman cokelat menjadi yang paling diminati dengan peningkatan tertinggi pada bulan Februari 2024, meningkat 75 persen menjadi 158 ribu produk, atau naik sekitar 60 ribu produk dibanding bulan sebelumnya.

"Masyarakat Indonesia memiliki tradisi mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa," katanya.

Survei itu dilakukan dengan memantau penjualan makanan dan minuman di beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan TikTok Shop dari tanggal 1 hingga 25 Februari 2024.

Selain minuman cokelat, produk lain yang mengalami lonjakan penjualan antara lain selai olesan dan coklat kemasan. Penjualan selai olesan meningkat 49 persen menjadi 377 ribu produk, sementara coklat kemasan naik 48 persen menjadi 860 ribu produk.

Kategori makanan dan minuman terlaris dalam survei ini didominasi oleh makanan beku dengan 3,1 juta produk terjual, meningkat 1 persen dari bulan sebelumnya. Diikuti oleh bumbu instan dengan 1,1 juta produk, naik 2 persen dari periode sebelumnya.

Shopee tetap menjadi platform e-commerce paling populer dengan pangsa pasar 56,9 persen di sektor makanan dan minuman, diikuti oleh Tokopedia dengan 24,5 persen, dan TikTok Shop dengan 18,6 persen.

Baca Juga: Kembangkan Kemandirian AI, Singapura Investasi ke OpenAI ChatGPT

 Baca Juga: Startup China Beli Ratusan File Rahasia AI dari Karyawan Google