Find Us On Social Media :

Kalahkan Qualcomm, MediaTek Jadi Vendor Chipset HP Terpopuler 2023

By Adam Rizal, Senin, 11 Maret 2024 | 13:30 WIB

MediaTek Dimensity 9300

MediaTek menjadi pilihan utama sebagai vendor chipset HP pada akhir tahun 2023, mengungguli Apple dan Qualcomm. MediaTek, yang dikenal sebagai pembuat prosesor HP tercepat, terutama dengan Dimensity 9300 dan rangkaian chipset lainnya, telah mendominasi pasar ponsel pintar.

Menurut laporan Canalys, MediaTek berhasil menjual 117 juta unit chipset pada kuartal keempat tahun 2023, mengungguli Apple dengan 78 juta unit dan Qualcomm dengan 69 juta unit. Meskipun demikian, pendapatan pengiriman MediaTek mencapai USD23 miliar dengan pertumbuhan tahunan sebesar 21%l persen. Sedangkan, Apple dan Qualcomm masih memimpin dalam hal pendapatan masing-masing mencapai USD87 miliar dan USD30 miliar pada tahun 2023.

Laporan Canalys juga menyoroti penurunan pendapatan pengiriman chipset Qualcomm sebesar 2 lersentdan penurunan drastis pendapatan Samsung dari chip Exynos-nya sebesar 44 persen pada kuartal keempat tahun 2023. Huawei, dengan prosesor Kirin-nya, mencatat peningkatan pesat sebesar 5,12 persen dalam pengiriman 7 juta unit dengan pendapatan USD7 miliar. 

Selain itu, Unisoc juga menunjukkan pertumbuhan signifikan sebesar 24 persen year-on-year (YoY) dengan pengiriman 27 juta unit dan pendapatan USD3 miliar.

Xiaomi menjadi pembeli utama chipset Qualcomm, sementara Samsung adalah pelanggan terbesar MediaTek. Google, dengan chipset Tensor untuk ponsel Pixel, menunjukkan kinerja yang kurang mengesankan dengan pengiriman 3 juta unit dan pendapatan diperkirakan sebesar USD2 miliar.

Kesimpulannya, MediaTek telah menegaskan posisinya sebagai pemain utama di pasar chipset ponsel pada tahun 2023, dengan pertumbuhan yang signifikan dari vendor lain seperti Huawei dan Unisoc.

Baca Juga: Microsoft Bakal Luncurkan Dua Laptop Surface Terbaru Berbasis AI

 Baca Juga: Xiaomi Pastikan Flagship Xiaomi 14 Segera Meluncur di Indonesia