Find Us On Social Media :

Catat! Ini Tips Meningkatkan Penjualan Online di Bulan Ramadan 2024

By Rafki Fachrizal, Selasa, 12 Maret 2024 | 18:55 WIB

Ilustrasi E-commerce

Momen Ramadan menjadi momen yang paling dinantikan baik dari aspek spritualitas dan ekonomi.

Dari aspek ekonomi, Hal ini karena pada bulan Ramadan terjadi peningkatan belanja lantaran pada momen ini menjadi momen berbagi dan menyambung silaturahmi sehingga kebutuhan belanja masyarakat akan tinggi terutama jelang Lebaran.

Hal ini tentu menjadi keberkahan tersendiri bagi pelaku bisnis yang bisa memanfaatkan momentum Ramadan untuk meningkatkan penjualan.

Menurut data The Trade Desk, 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada Ramadan 2024.

Data juga menunjukkan bahwa lebih dari separuh (53 persen) masyarakat Indonesia berencana untuk menghabiskan tunjangan hari raya (THR) mereka pada Ramadan ini dibanding untuk ditabung.

Pada tahap keputusan pembelian, konsumen akan memulai riset belanja online mereka sebulan sebelum Ramadan dan akan mencapai puncaknya dalam 7-10 hari sebelum hari Idul Fitri ketika masyarakat Indonesia biasanya menerima THR mereka.

Menurut data internal Transcosmos Commerce, pertumbuhan penjualan pada periode Ramadan 2023 jika dibandingkan pada bulan sebelumnya meningkat sebesar 20%.

Hal ini mengamini bahwa momen Ramadan menjadi momen yang perlu dimaksimalkan oleh para pelaku bisnis di mana permintaan sedang meningkat.

Naoto Osada, CEO Transcosmos Commerce mengatakan “Tren penjualan saat Ramadan dari tahun ke tahun terus menunjukkan angka positif. Kami berkomitmen untuk membantu para klien kami untuk mencapai target penjualan selama Ramadan dengan strategi yang tepat dalam memanfaatkan momen ini.”

Untuk itu, Transcosmos Commerce membagikan beberapa tips yang berguna bagi pelaku bisnis untuk memanfaatkan momen Ramadan 2024.

1. Memanfaatkan waktu prime time di jam sahur dan buka puasa

Hanya pada bulan Ramadan masyarakat Muslim Indonesia akan memiliki perubahan kebiasaan dalam beraktivitas yakni di jam Sahur sekitar pukul 03:00-05:00 dan buka puasa sekitar pukul 18:00-20:00.

Pada jam ini aktivitas penggunaan gadget dan internet akan lebih tinggi dari biasanya.