Find Us On Social Media :

Review HP Smart Tank 580 All-in-One: Tinta Refill dan Koneksi Nirkabel

By Dayu Akbar, Rabu, 13 Maret 2024 | 08:00 WIB

HP Smart Tank 580 All-in-One

HP perbarui lini printer multifungsi melalui seri Smart Tank 580 All-in-one. Perangkat ini hadir guna memenuhi kebutuhan pengguna yang butuh cetak dokumen dalam jumlah besar, kualitas tetap terjamin, dan tetap ekonomis dari segi biaya operasional. Selain mencetak, kemampuannya bisa digunakan untuk melakukan pemindaian (scan) dan penggandaan (copy) dokumen.

Kemampuan cetak dokumen dalam jumlah besar serta ekonomis dihadirkan berkat metode tinta isi ulang atau refill.  Penggunaan metode ini memang menjadikan penggunaan lebih irit karena kemampuan cetak dalam jumlah besar yang jika di rata-rata harga operasionalnya jadi lebih murah.

Untuk mencetak, perangkat ini menggunakan empat tinta yang terdiri dari warna cyan, magenta, yellow, dan black. Paket pembeliannya sendiri sudah menyertakan keempat tinta tersebut. Khusus warna hitam memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding tiga warna lainnya. HP mengklaim bahwa tinta hitam mampu mencetak hingga 12.000 halaman sedangkan kombinasi tiga warna lain mampu mencetak hingga 6.000 halaman.

Control panel menyediakan fungsi yang memudahkan pengguna untuk melakukan penggandaan dokumen ataupun memindai secara langsung tanpa mesti terhubung ke komputer.

Seri Smart Tank sendiri juga menegaskan bahwa tintanya menggunakan sistem tangki tinta isi ulang dengan fitur pintar. Tangki tinta tersebut memiliki sensor yang dapat mendeteksi ketersediaan tinta. Nantinya aplikasi Smart App akan mengirimkan notifikasi saat tinta dalam kondisi mau habis. Aplikasi tersebut juga menyediakan shortcut untuk membeli tinta secara online sehingga makin memudahkan pengguna.

Dalam hal konektivitas, perangkat ini mendukung dua koneksi yaitu kabel melalui port USB dan nirkabel memanfaatkan jaringan WiFi. Jadi selain bisa digunakan untuk mencetak dari perangkat komputer seperti PC atau laptop, Anda juga bisa mencetak dari smartphone maupun tablet.

Secara fisik, perangkat ini hadir dengan desain kompak berbentuk kotak. Bagian atasnya merupakan area flatbed yang bisa digunakan untuk memindai dan menggandakan dokumen. Sisi kiri terdapat control panel yang terdiri dari beberapa tombol fungsi. Dari sini Anda bisa melakukan pencetakan, pemindaian, dan penggandaan dokumen secara langsung. Dengan adanya tombol ini, Anda bisa menggunakan perangkat tanpa harus terhubung dengan komputer.

HP merancang botol tinta dengan penutup rapat sehingga tidak akan tumpah saat proses pengisian ke tangki tinta.

Kapasitas kertas yang bisa ditampung hingga 100 lembar kertas ukuran A4. Tray kertas berada di sisi belakang yang tersembunyi dan Anda tinggal menarik tray tersebut saat hendak digunakan. Sementara bagian keluaran kertas (sheetfed) juga bisa disembunyikan dan saat dibuka mampu menampung kertas hingga 30 lembar A4.

Sementara itu, HP sudah merancang agar pengisian tinta bisa dilakukan dengan mudah. Cukup buka pelindung dan penutup masing-masing tangki tinta, dan Anda tinggal menuangkan isi dari botol tinta. HP juga merancang agar tinta tidak mudah tumpah saat pengisian dengan memberikan penutup ganda pada ujung botol.

Tinta yang digunakan terdiri dari empat botol CMYK yang diklaim bisa mencetak hingga 12.000 halaman untuk hitam putih dan 6.000 halaman untuk warna.

HP menyertakan dua printhead terpisah yang terdiri dari tricolor dan black. Penggunaan print head secara terpisah ini memberikan keunggulan. Jika printhead rusak Anda tinggal mengganti komponen ini saja tanpa harus membawa printer untuk diperbaiki. Hal tersebut kerap terjadi pada printer dengan print head yang tertanam.