Dengan jumlah umat Muslim mencapai 86,7%, Indonesia pun menjadi ceruk pasar yang menggiurkan bagi para pelaku e-commerce. Bagaimana memanfaatkan ceruk pasar ini di bulan Ramadan, bulan yang istimewa bagi umat Islam?
Pemilik brand dan penjual lokal harus gesit memanfaatkan momen ini dengan menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang melesat di bulan Ramadan ini.
Lazada menyarankan agar brand dan penjual lokal jangan hanya memperhatikan tren produk, tapi juga menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur dan layanan platform belanja online seperti Lazada.
Hal itu disampaikan oleh Rika Yeo, mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024. Lazada Ramadan Seller Festival 2024 sendiri adalah acara Lazada yang digelar Lazada pada 13 Maret 2024 yang memberikan ruang wawasan baru bagi brand dan penjual lokal agar bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan.
Alumni Alibaba Netpreneur ini menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omzet selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini.
Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024).
“Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” Rika Yeo memberikan saran.
Nah apa saja jurus jitu yang dibagikan Rika Yeo agar performa maksimal di platform Lazada di bulan Ramadan ini?
1. Pelajari performa omzet dan produk toko
Gunakan dasbor Seller Center di platform Lazada untuk mengakses fitur Bisnis Analis dan menentukan target dengan tingkat omset saat ini. Selain itu, lihat rekomendasi produk yang cocok untuk dipromosikan di toko Anda, yang dihasilkan dari prediksi analitis berbasis AI yang ada di fitur Bisnis Analis.
2. Gunakan promo dan diskon khusus bulan Ramadan
Fitur promo dan diskon menjadi daya tarik yang kuat untuk mendorong pembeli check out produk Anda, apalagi dengan penawaran promosi eksklusif selama bulan Ramadan, seperti hampers dan bundling produk. Jangan lupa untuk gunakan promo gratis ongkir dan voucher toko yang tersedia di Lazada!